Bupati-Wabup Barru Dilantik Besok, Masyarakat Diminta Hindari Kerumunan dan Keramaian di Jalan

BERITA.NEWS, Barru – Jumat (26/2/2021) besok, merupakan hari pertama bagi lembaran baru kepemimpinan Bupati-Wakil Bupati Barru periode 2021-2024, Suardi Saleh dan Aska Mappe.

Untuk pertama kalinya, pelantikan diatur secara virtual, disertai pembatasan jumlah hadirin. Yang diizinkan hanya sejumlah 25 orang dan dilaksanakan di Rumah Jabatan Gubernur Sulsel.

Bagi masyarakat, bisa menyaksikannya secara virtual untuk menghindari kerumunan dan penularan Covid-19.

Untuk menghindari terjadinya ‘klaster pelantikan’, Kemendagri pun menggelar rapat koordinasi pelaksanaan pelantikan hasil Pilkada 2020.

Rapat yang dipimpin Dirjen Otonomi Daerah Kemendagri Akmal Malik, diikuti Forkopimda Barru, Plh Bupati Barru Abustan, Ketua DPRD Barru Lukman T, Kapolres Barru Liliek Tribahawono, Kajari Barru Ardi Suryanto, serta pihak Pengadilan Agama dan Danramil Barru mewakili Dandim 1405 Mallusetasi, di Ruang Barru Smart Information Center (Basic), pagi tadi, Kamis (25/2/2021).

“Rapat ini untuk membangun koordinasi bersama, agar pelantikan Bapak Bupati besok berjalan sukses dan lancar,” sebut Abustan yang jabatannya selaku Plh Bupati Barru akan berakhir bersamaan dengan dilantiknya kembali Bupati Suardi Saleh untuk periode keduanya besok.

“Dipahami, pelantikan akan menimbulkan euforia luar biasa, maka pihak yang menang diminta untuk tidak membuat orasi kemenangan dan keramaian di jalan. Diharapkan Forkopimda melakukan upaya persuasif,” kata Dirjen Otoda Kemendagri.

Dirjen Otoda juga berharap publik tetap pada komitmen disiplin penegakan protokol kesehatan Covid-19.

Akmal Malik juga meminta diperhatikan terhadap potensi kerumunan pasca pelantikan, dan taat pada protokol kesehatan.

Menjelang pelantikan besok, sebanyak 11 kepala daerah di Sulsel telah melakukan gladi hari ini di Makassar, termasuk Bupati dan Wakil Bupati Barru terpilih, Suardi Saleh dan Aska Mappe.

  • MAULANA KARIM

Comment