Diikuti Wabup Barru, Begini Pesan Presiden Jokowi di Munas APKASI V

Wakil Bupaati Barru, Aska Mappe disudut kiri saat menghadiri pembukaan APKASI secara virtual.

BERITA.NEWS, BARRU – Wakil Bupati Barru, Kompol (Purn) Aska Mappe menghadiri secara virtual pembukaan Musyawarah Nasional Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (MUNAS APKASI) V yang digelar di Hotel Indonesia, Jumat 25 Maret 2021.

Acara tersebut dibuka secara langsung Presiden Republik Indonesia Joko Widodo dari Istana Negara Jakarta.

Sementara untuk Kabupaten Barru ikut secara virtual dari Smart Information Centre (BASIC), Wabup Barru hadir sebagai peserta Munas APKASI V.

Dalam kesempatan itu, Aska Mappe tidak sendiri. Ia didampingi oleh Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan Andi Jalil Mappiare dan dari Bagian Pemerintahan Imran Iskanadar.

Ketua APKASI Pusat Abdullah Aswar Anas mengatakan bahwa, pada hari ini APKASI menyelenggarakan MUNAS ke-5 yang seharusnya berlangsung pada tahun 2020.

Namun karena kondisi pandemi Covid-19 dan disusul dengan Pilkada serentak 2020, sehingga baru hari ini bisa dilaksanakan.

Dalam ruang Vidcon, Aswar mengurai bahwa kegiatan APKASI telah didahului Pra MUNAS dengan agenda kebijakan Refocusing Anggaran pemerintah daerah (Pemda), sehingga APBD menjadi instrumen untuk menjalankan kebijakan dalam rangka menggerakkan ekonomi masyarakat.

“Saya berterima kasih kepada Bapak Presiden karena telah mendorong pemulihan ekonomi nasional sehingga APKASI berkomitmen mengawal pemilihan ekonomi dimasa pandemi Covid 19 dengan kolaborasi pemerintah pusat hingga daerah. dan keterlibatan pengusaha serta swasta,” harap Bupati Kabupaten Bayuwangi ini.

Azwar Anas menambahkan kegiatan Munas V Apkasi 2021 mengusung tema “Penguatan Kapasitas Daerah Dalam Rangka Percepatan Pemulihan Ekonomi Di Masa Pandemi Covid – 19″.

Sementara Presiden Joko Widodo dalam sambutannya dalam rangka pembukaan MUNAS APKASI V mengapresiasi karena telah membantu pemerintah penanganan Covid.

Karena pandemi Covid 19 belum berkahir sehingga Jokowi tetap meminta pemerintah daerah tetap harus selalu hati-hati, waspada dan jangan lengah.

Lanjut mantan Walikota Solo ini, program strategis di kabupaten senantiasa dikawal dan prioritaskan melalui konsolidasi anggaran dan rancangan APBD betul-betul sesuai tujuan untuk kesehjateraan rakyat.

“Jangan asal memberi tanpa skala prioritas. Konsentrasikan ke hal yang sangat cocok untuk kebutuhan rakyat,” tutur Jokowi.

Di penghujung kesempatan itu, ia berpesan untuk membuka pasar dan jalan -jalan kabupaten mulus kalau bisa berikan 40 persen.

“Bupati jangan membelanjakan di pos belanja tanpa menghasilkan produk lain misalnya program yang bisa mensejahterakan rakyat,” jelas Jokowi di hadapan pengurus dan peserta Munas APKASI V

Dalam acara tersebut juga dihadiri oleh Menteri Dalam Negeri, Sekretaris Kabinet dan Ketua DPR serta MPR. (*)