Masa Kerja PPK dan PPS Pemilu Berakhir, KPU Akan Buka Seleksi untuk Pilkada

kpu-sinjai

Kantor KPU Sinjai. (Foto: BERITA.NEWS/ Syarif)

BERITA.NEWS, Sinjai – KPU RI kembali akan menggelar seleksi terbuka untuk penerimaan Panitia Badan Adhoc Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2024.

Hal itu tertuang dalam Surat Keputusan (Kpt) KPU RI Nomor 476 Tentang Metode Pembentukan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS).

PPK dan PPS nantinya akan bertugas dalam penyelenggaraan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati, serta Walikota dan Wakil Walikota Tahun 2024.

Sesuai Kpt tersebut, dijabarkan tahapan pembentukan PPK akan mulai dari pengumuman seleksi pada 23-27 April.
2024.

Kemudian, penerimaan pendaftaran 23-29 April, penelitian dan pengumuman seleksi administrasi 24 April – 5 Mei.

Selanjutnya, seleksi tertulis 6-8 Mei, pengumuman seleksi tertulis 9-10 Mei, tes wawancara 11-13 Mei.

Dilanjutkan pengumuman hasil 14-15 Mei serta pelantikan Anggota PPK pada 16 Mei 2024.

Setelah seleksi PPK, akan berlanjut seleksi PPS yang tahapannya dimulai 2 Mei dan berakhir 25 Mei, adapun pelantikan anggota PPS dijadwalkan 26 Mei 2024.

Komisi Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih dan Partisipasi Masyarakat KPU Sinjai, Supratman membenarkan hal tersebut.

“Ya rencananya begitu, karena masa kerja anggota Badan Adhoc untuk Pemilu 2024 telah berakhir 4 April 2024 lalu,” kata Supratman kepada Wartawan, Kamis (18/4/2024).

Ditanya terkait alasan KPU melakukan seleksi kembali anggota Badan Adhoc secara terbuka dan tidak menggunakan kembali tenaga Badan Adhoc di Pemilu 2024 dengan cara evaluasi.

Supratman mengaku saat ini sementara mengikuti rapat koordinasi bersama KPU se Indonesia dalam rangka membahas perihal seleksi tersebut.

“Ini kita sementara melaksanakan Rapat Koordinasi bersama dengan KPU RI dalam rangka membahas kelanjutan dan teknis seleksi terbuka PPK dan PPS untuk Pilkada, Insya Allah, pastinya nanti kita akan sampaikan lebih lanjut,” katanya.

 

Penulis: Syarif

Comment