Musrenbang Anak, Hasnah Syam: Mari Dukung Barru Menjadi Kabupaten Layak Anak

BERITA.NEWS, Barru – Forum Anak Kabupaten Barru dan Generasi Berencana (Genre) Barru telah terbina dan terfasilitasi dengan sangat baik. Hal ini, merupakan bangunan yang pondasinya disusun dan diletakkan bersama drg. Hj. Hasnah Syam MARS, selaku Bunda Forum Anak Kabupaten Barru.

Karena itu, meski telah menjadi Anggota DPR RI, dan duduk di Senayan, Hasnah Syam masih sering menyempatkan diri menyemangati dan bersama dalam membina anak dan remaja Barru di Forum Anak maupun Genre.

Hal ini juga terlihat saat pembukaan Musrenbang Anak Tingkat Kabupaten Barru, yang digelar di Aula DPMD Barru, Selasa (23/3/2021) kemarin.

“Alhamdulillah, kepekaan Forum Anak Colliq PujiE terhadap kegiatan-kegiatan kemanusiaan membuat Bunda bangga, seperti kegiatan pengumpulan donasi yang dilakukan secara serentak pada saat terjadi bencana di Masamba,” sebut Ketua Tim Penggerak PKK Barru ini.

Anggota Komisi IX DPR RI ini memberikan arahan di hadapan anak dan remaja Barru, dengan mengapresiasi sejumlah prestasi yang telah diukir oleh Forum Anak Colliq PujiE selama 2020.

Ia bersama jajaran Perangkat Daerah yang membidangi Pemberdayaan Anak Barru, intens menggalang komitmen dan berkoordinasi dengan segenap unsur untuk memberikan ruang dan kesempatan bagi anak di semua wilayah Barru, bersinergi dalam organisasi di bawah koordinasi Pemerintah Daerah.

“Mari bersama mewujudkan aspirasi anak untuk mendukung Barru menjadi Kabupaten Layak Anak, dan semoga tahun 2021 Kabupaten Barru bisa menjadi salah satu kabupaten yang mendapatkan penghargaan sebagai Kabupaten Layak Anak,” harap Hasnah Syam di hadapan segenap perwakilan anak se-Kabupaten Barru yang akan menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan Anak Tingkat Kabupaten Barru.

Diketahui, Forum Anak se-Kabupaten Barru yang dikoordinir langsung oleh Forum Anak Colliq PujiE pada tahun lalu mampu mengumpulkan donasi sebanyak Rp 108 juta lebih, 3 ton lebih beras, makanan dan perlengkapan bayi serta lai-lain yang diserahkan langsung oleh perwakilan Forum Anak Collig Pujie di Luwu Utara.

Tidak hanya itu, ketika musibah di Sulbar, Forum Anak se-Kabupaten Barru kembali memperlihatkan rasa kemanusiaannya dengan kembali menggalang donasi sehinga mampu mengumpulkan Dana Rp 87 juta lebih, 4 ton beras dan makanan serta pperlengkapan bayi dan lain sebagainya. Bantuan diterima langsung Pemda Majene.

Musrenbang anak sendiri bertujuan menghadirkan perencanaan pembangunan dalam RPJMD yang mengakomodasi partisipasi dan memenuhi hak anak.

Perangkat daerah yang mengurusi pemberdayaan anak mengungkapkan bahwa kegiatan ini perdana dan dilakukan musyawarah berjenjang mulai tingkat terbawah sebelum gelaran tingkat kabupaten ini.

Berdasarkan data, saat ini tercatat ada 63 Forum Anak yang telah terbentuk di setiap level. Upaya Pemda Barru di beberapa tahun terakhir menggalang sumberdaya anak untuk terlibat dalam aktivitas positif, akhirnya menampakkan hasil yang bermanfaat, di dalam maupun di luar daerah.

  • MAULANA KARIM