Andalan dan Menteri Singapura Desmond Lee Bahas Potensi Kerjasama

BERITA.NEWS, Singapura– Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman (Andalan) dan Menteri Pengembangan Nasional Singapura Desmond Lee bahas potensi kerjasama.

Pertemuan keduanya saat menghadiri World Cities Summit (WCS) 2022, dilaksanakan di Singapore’s Marina Bay Sands Expo and Convention Center.

“Pertemuan ini sebagai pemenuhan undangan kementerian sekaligus menjaga hubungan bilateral dengan Singapura,” kata Andalan. Senin (1/8/2022).

Gubernur Sudirman mengatakan ia sempat memaparkan potensi Sulsel. Seperti ketersedian pangan yang melimpah, ketersedian listrik yang juga melompat termasuk dengan wind powernya.

Selain itu juga komoditi ekspor Sulsel seperti ikan. Ada juga potensi pariwisata Geopark Maros-Pangkep yang saat ini dalam proses menuju kawasan taman dunia UNESCO.

Sulsel juga memiliki infrastruktur yang baik. Selain Bandara Internasional Sultan Hasanuddin, juga Makassar New Port (MNP) yang merupakan pelabuhan terbesar di luar Jawa.

Baca Juga :  Sulsel Anti Mager, Gubernur dan Pelajar Wilayah Mamminasata Jalan Sehat

Baca Juga: UNESCO Kirim Tim Nilai Geopark Maros – Pangkep, Gubernur Andalan Bilang Begini 

“Kami membahas berbagai potensi kerjasama. Termasuk pembangunan berkelanjutan di Kawasan Indonesia Timur dengan Posisi Sulsel sebagai hub,” sebutnya.

Selain itu, Andi Sudirman mengharapkan Pemerintah Singapura setelah pertemuan ini, dapat melakukan kerjasama dengan Sulsel, termasuk untuk investasi.

“Kami mengundang beliau untuk datang melihat lihat potensi-potensi lokal yang ada di Sulawesi-Selatan,” ucapnya.

Adapun WCS) 2022, mengangkat tema “Liveable and Sustainable Cities: Emerging Stronger.”

Pasca dunia bergulat dengan pandemi covid-19 dan cuaca ekstrem. Mengundang para pemimpin-pemimpin muda dari berbagai negara dengan total peserta 70 delegasi.

Baca Juga :  Gubernur Andalan Dorong KONI Sulsel Jadikan Olahraga Sebagai Industri

Membahas bagaimana dapat muncul lebih kuat dan lebih tangguh, melawan ancaman gangguan yang berkepanjangan dan tidak dapat diprediksi.

“Pada kesempatan yang sama bersama Kepala Badan Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) RI, Bambang Susantono dan Menteri Negara untuk

Kementerian Dalam Negeri Singapura, Prof. Muhammad Faishal Ibrahim kami menghadiri acara World City Summit 2022,” jelasnya.