Pj Gubernur Tinjau RSV Makassar, Tahun Ini Diresmikan Presiden Jokowi

BERITA.NEWS,Makassar– Pj Gubernur Sulsel Bahtiar Baharuddin meninjau progres pembangunan Rumah Sakit Vertikal (RSV) Makassar, rencananya akan diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) tahun ini.

RSV Makassar akan menjadi Rumah Sakit pusat layanan penyakit Otak, Jantung dan Cancer, hanya ada dua di Indonesia yakni, Surabaya dan Makassar.

Rumah Sakit ini berdiri diatas lahan hibah milik Pemprov Sulsel di Center Point of Indonesia (CPI) seluas 6,2 hektare (Ha) ke Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI untuk pembangunannya.

“Jadi ini adalah rumah sakit yang hadir atas kerjasama antara Pemda dengan Kementerian Kesehatan, beberapa waktu lalu Bapak Menteri Kesehatan berkunjung ke sini, ini merupakan salah satu ikon rumah sakit di Indonesia bukan hanya Sulsel,”

RSV Makassar ini akan terintegrasi dengan ekosistem pariwisata, apalagi lokasi yang strategis dengan view yang menghadap langsung ke Pantai Losari dan wisata CPI.

“Menangnya kita di sini adalah viewnya, laut di Pantai Losari. Ini kita kota serba sunset, memang di desain konsepnya rumah sakit kelas dunia. Jadi kalau sekarang berkembang di Malaysia rumah sakit sekaligus pariwisata,”

“Ini patut menjadi kebanggaan dan terima kasih kepada Presiden Republik Indonesia melalui Menteri Kesehatan, menempatkan pembangunan rumah sakit ini di Sulawesi Selatan,” jelasnya.

Sementara itu, Direktur Fasilitas Pelayanan Kesehatan (Dirfasyankes) Kementerian Kesehatan, dr. Aswan Usman menyebutkan, rumah sakit dibangun di atas lahan 6,2 hektar pengerjaannya sudah berjalan 150 hari.

“Progres sudah 78 persen. Ini direcanakan akan diresmikan oleh Presiden pada bulan Juli atau Agustus 2024.

Rumah sakit ini merupakan superhub rumah sakit di Indonesia khusus pelayanan otak, jantung dan kanker inilah rumah sakit yang menjadi pusatnya.

Ada pelayanan cancer yang canggih itu salah satunya nanti ditempatkan di sini. Dan itu sekarang cuma ada di Rumah Sakit Hasan Sadikin, salah satunya nanti di sini,” jelasnya.

Comment