Minimalisir Penyalahgunaan Senpi, Kapolres Sinjai: Jaga Baik-baik dan Gunakan Sesuai SOP

BERITA.NEWS, Sinjai – Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Sinjai Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Iwan Irmawan melakukan pemeriksaan senjata api (senpi) yang dipinjampakaikan kepada anggota setelah pelaksanaan apel pagi, bertempat di halaman Mapolres Sinjai, Kamis pagi (21/10/2021).

Kegiatan tersebut didampingi Wakapolres Sinjai Kompol Joko Sutrisno dan para Kabag serta Kasi Propam AKP Muh. Nasir.

Pemeriksaan dimulai dari para Perwira dilanjutkan kepada seluruh personel peserta apel yang dipinjampakaikan senpi dinas.

Pemeriksaan senjata api yang dipinjampakaikan anggota Polres Sinjai terhadap pengecekan administrasi dan prosedur kepemilikan senjata api, kebersihan senpi, surat senpi masih aktif atau sudah tidak berlaku lagi, dan masa berlaku tes psikologi pinjam pakai senpinya.

Baca Juga :  Pemprov Apresiasi Bea Cukai Cegah Barang Ilegal Tanpa Label Masuk Sulsel

Kapolres Sinjai AKBP Iwan Irmawan menjelaskan bahwa pemeriksaan senpi yang dipinjampakaikan kepada personel dilaksanakan sebagai langkah antisipasi penyalahgunaan senjata api oleh anggota Polres Sinjai.

Oleh sebab itu, personel yang berhak memegang senjata api hanya yang memenuhi persyaratan yang telah ditentukan.

“Pemeriksaan dilakukan sebagai langkah penertiban terhadap personel pengguna senpi baik dari segi kebersihan senpi maupun administrasi pinjam pakai senpi,” ucapnya

Kapolres Sinjai menghimbau agar anggota yang memegang senpi menjaga kebersihan senpi dinas yang dipinjampakaikan. Senpi akan ditarik dan digudangkan apabila masa waktu berlaku surat pemakaian senpi sudah berakhir.

Baca Juga :  Metode 'Door to Door' Mudahkan Lansia Dapat Vaksin

Setelah pemeriksaan dilaksanakan, Kapolres Sinjai berpesan agar senpi dirawat dan dijaga sebaik-baiknya dan penggunaannya harus sesuai dengan standar operasional (SOP).

“Untuk senpi yang masa berlaku pinjam-pakainya sudah habis diperbaharui kembali karena surat senpi adalah legalitas penggunaan senpi,” tutup Kapolres Sinjai.

  • Sulfikar