Pemkab Sinjai Sambut Baik Program Gerakan Sinergi Reforma Kementrian ATR

BERITA.NEWS, Sinjai – Kementerian Agraria dan Tata Ruang/ Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) menggagas Gerakan Sinergi Reforma Agraria, Senin (22/4/2024).

Kegiatan ini dilakukan secara serentak di seluruh Indonesia, dan khusus di Kabupaten Sinjai, gerakan sinergi reforma agraria berlangsung di Aula Kantor Pertanahan Nasional (BPN) Sinjai.

Kepala Kantor BPN Sinjai, Agustini Pujiastuti menjelaskan bahwa reforma agraria adalah penataan kembali struktur penguasaan, pemilikan, penggunaan dan pemanfaatan tanah untuk kesejahteraan masyarakat.

Tujuan dari gerakan ini, yakni mendorong potensi usaha kegiatan penataan akses di kabupaten/ kota seluruh Indonesia.

Serta mensinergikan fungsi dan tugas para pihak untuk kelancaran gerakan sinergi reforma agraria, serta melalui fasilitasi pendampingan peningkatan nilai tambah ekonomi masyarakat.

“Pada beberapa lokasi di Kabupaten Sinjai sudah kita lakukan legalitas aset. Kegiatan reforma agraria itu yang mana aset-aset masyarakat itu akan kita fasilitasi sehingga tanah dan sertifikat yang ia punya bisa lebih bermanfaat untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan cara kami berusaha menggandeng OPD terkait, yang nantinya kita rangkul dan follow up ke depan,” jelasnya.

Sementara, Sekretaris Daerah (Sekda) Sinjai Andi Jefrianto Asapa yang turut hadir menyaksikan gerakan sinergi reforma agraria ini menyambut baik program nasional tersebut.

“Ini dalam rangka bagaimana aset masyarakat bisa mendapatkan akses, baik pengembangan usaha maupun penggunaan tanah. Contohnya UMKM kita yang selama ini tidak punya NIB, alhamdulillah akses untuk mendapatkan NIB difasilitasi oleh Kantor Pertanahan. Termasuk akses untuk mereka mendapatkan pembiayaan, pengembangan usaha. Itu juga termasuk salah satunya yang dikembangkan melalui program sinergi reforma agraria,” ucapnya.

Melalui program ini, Andi Jefrianto berharap agar kolaborasi antara Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sinjai dengan Kantor BPN Sinjai dapat terus disinergikan, khususnya melalui program yang selama ini telah berjalan.

“Alhamdulillah sampai hari ini, kolaborasi yang terbangun antara agraria dengan Pemda Sinjai luar biasa. Terbukti dari program redistribusi tanah, dan program lainnya sudah berjalan. Insya Allah dalam waktu dekat ini akan diserahkan lagi sekitar 400 sertifikat tanah,” pungkasnya.

Turut hadir dalam kegiatan ini, Kepala Dinas Perindag dan ESDM Sinjai Muh. Saleh, Kepala Dinas Koperasi UKM dan Tenaga Kerja Sinjai H. Ramlan Hamid, Kepala Desa Kanrung Muh. Amir Abdullah, dan Lurah Samaenre Baso Bintang.

Di momentum ini, Sekda Sinjai bersama Kepala Kantor BPN Sinjai juga menyerahkan Nomor Induk Berusaha (NIB) kepada 2 pelaku UMKM dari Desa Kanrung dan Kelurahan Samaenre, Kecamatan Sinjai Tengah. (Adv)

Comment