Melihat Kondisi Petani, PJ Bupati Jeneponto Mengajak Para Petani Melakukan Terobosan Dan Berinovasi

BERITA.NEWS, Jeneponto – Penjabat Bupati Jeneponto Junaedi Bakri, terjun langsung ke persawahan melihat kondisi para petani yang ada di Jeneponto, Minggu (31/03/2024).

Iya mengajak para petani untuk terus melakukan terobosan dan berinovasi dengan teknologi pertanian, agar mampu meningkatkan kualitas padi Salah satunya dengan membuka penangkaran benih padi secara mandiri.

Oleh sebab itu dia mendorong agar budidaya penangkaran benih padi ini menjadi percontohan di kabupaten jeneponto, ucapnya.

Dia pun menyampaikan, kalau masyarakat sudah mampu untuk membuat benih sendiri, maka produktivitas petani akan semakin meningkat dan tentunya kesejahteraan masyarakat petani juga akan meningkat.

“Sehingga harga padi untuk bibit ini tidak sama dengan padi di daerah lain yang dijual untuk keperluan konsumsi dan sangat menguntungkan,” katanya.

Untuk mencapai kedaulatan pangan nasional kita tidak hanya melakukan penangkaran benih padi unggul, namun juga pertanian di Kabupaten Jeneponto sudah harus menerapkan modernisasi pertanian menggunakan alat mesin pertanian (Alsintan) serta memperhatikan sektor bisnis sehingga lahan satu hektar dapat menghasilkan seperti lahan 3 hektar.

Pada saat meninjau lokasi penangkaran benih padi unggul PJ bupati Jeneponto Junaedi Bakri, sekertaris dinas pertanian Bambang Haryanto dan para petani di sekitar lokasi.

Muh Ikbal

 

Comment