Alpha Tauri AT01 (twitter.com/F1)

BERITA.NEWS, Jakarta – Tim Toro Rosso, yang menggunakan nama Alpha Tauri mulai musim Formula 1 2020, meluncurkan mobil baru mereka yang dibalut livery dua warna, biru gelap dan putih di Salzburg, Austria, Jumat waktu setempat.

Mobil yang dinamai AT01 itu menggunakan power unit dari Honda, seperti tim seniornya, Red Bull, dan akan dikendarai oleh Daniil Kvyat dan Pierre Gasly.

AT01 akan mengaspal di Sirkuit Misano, Italia untuk menjalani sesi shakedown pada Sabtu. Kvyat menjadi pebalap pertama yang akan menjajal mesin baru mereka.

Alpha Tauri adalah merek fashion yang dimiliki oleh Red Bull. Mereka akan berupaya meneruskan tren positif Toro Rosso tahun lalu di mana Kvyat dan Gasly mempersembahkan podium bagi tim, masing-masing di Jerman dan Brazil.

Tahun itu menjadi kali pertama bagi Toro Rosso meraih podium lebih dari satu kali dalam satu musim sehingga berhak finis peringkat enam konstruktor, menyamai rekor terbaik mereka yang diraih pada 2008.

“Nama baru untuk tim, livery baru. Tentunya secara teknis, tim ini akan meneruskan evolusi tahun lalu. Aku bisa katakan tahun lalu tim menunjukkan performa yang kuat,” kata Kvyat seperti dikutip laman resmi Formula 1.

“Tentunya yang menjadi perhatian adalah podiumku di Jerman dan juga beberapa balapan bagus lainnya, jadi kami ingin terus seperti ini untuk tahun ini. Ada kerja keras di balik semua ini dan kami berharap tahun yang bagus.”

Gasly yang meraih podium di Brazil pun tak sabar ingin segera tampil dengan tim yang memiliki kemasan baru itu.

“Tim ini memiliki energi yang luar biasa, setiap orang sangat termotivasi dan kami perlu segera di atas trek sekarang.”

Tim dan pebalap akan menjalani tes pramusim di Sirkuit Barcelona-Catalunya pada 19 Februari sebelum menjalani seri pembuka yang digelar di Melbourne pada 15 Maret nanti.

. Antara