Pelantikan saat malam-malam empat pejabat Esleon II di Kantor Gubernur Sulsel.

BERITA.NEWS, Makassar – Sekretaris Daerah (Sekda) Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulsel Abdul Hayat Gani kembali melantik pejabat eselon II. Pelantikan terkesan secara diam-diam, dan uniknya lagi dilakukan menjelang tengah malam di Kantor Gubernur.

Empat pejabat eselon II tersebut yakni, Andi Parenrengi sebagai Kadis Kehutanan, Andi Ardin Tjatjo (Kadis Tanaman Pangan Holtikultura dan Perkebunan), Andi Irawan Bintang (Kadis ESDM), dan Abdul Malik (Kadis Koperasi dan UMKM).

Hayat menilai pelantikan malam-malam hal biasa dalam pemerintahan. Kata dia, di level kementerian juga kerap dilakukan. Selain itu, pertimbangan administrasi dua pejabat yang dilantik jadi alasan pelantikan jelang tengah malam tersebut.

“Batas waktunya ini 2 orang (Andi Ardin Tjatjo dan Andi Irawan Bintang), itu pertimbangan, dan kalau malam biasa, di kementerian juga malam. Cuma memang kebijakan KASN kalau tidak dilantik (segera), ini ada 2 pensiun, jadi dia bilang KASN batas akhir pukul 12.00 jadi itu (pertimbangan) kita,” ucapnya.

Secara otomatis keduanya pun mengalami masa tambahan sebelum masuki pensiun. Hal itu dibenarkan mantan Direktur Kemensos tersebut di ruang kerjanya, Jumat (14/2/2020) malam.

“Yang 2 orang bertambah, yang 58 jadi 60 tahun. Kalau Pak Parenrengi kan cuma digeser biasa, sudah lebih 2 tahun di situ. Jadi normal, tidak ada yang luar biasa ini. Yang biasanya siang ini malam. Tapi itu kan ya di mana-mana ini juga ada,” pungkas Hayat.

. Andi Khaerul