Butuh 200 Miliar, Pemprov dan Pemkab Wajo Ingin Hadirkan Teknologi Air Bersih Jerman

Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah


BERITA.NEWS, Makassar – Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah mengaku ada tiga poin yang didapatnya saat lakukan kunjungan kerja ke Jerman dan Belanda didampingi Bupati Wajo Amran Mahmud. Rabu (19/6/2019).

Nurdin mengatakan kunjungan itu adalah langkah awal untuk mendorong tiga kebutuhan masyarakat di Sulsel, yakni pengelolaan sampah, infrastruktur dan hadirkan air bersih. Juli 2019 nanti kedua negara itu akan lakukan kunjungan ke Sulsel.

Menurut Nurdin, pihaknya lebih fokus pada menghadirkan air bersih kepada masyarakat dibantu teknologi Jerman. Tidak tanggung-tanggung untuk Pemda dan Pemprov Sulsel dibutuhkan anggaran Rp. 200 Miliar.

“Kita fokus mengenai pengelolaan sampah, penggunaan teknologi air bersih, dan membahas infrastruktur jalan,” ucapnya.

Lebih jauh, Nurdin menuturkan anggaran sudah mencakup semua proses kerja dan bahan mulai dari pipanisasi atau pemasangan pipa sampai ke rumah-rumah warga. Bisa langsung konsumsi masyarakat Wajo.

“Uang koin dilempar dengan kedalaman tiga meter, masih bisa dilihat dari atas permukaan air. (Soal infrastruktur jalan)Disana biar naik mobil seribu kilometerĀ  tidak ada rasa capeknya, atau bosan, karena pandangan dipenuhi pohon yang hijau,” ungkapnya.

Sedangkan, pengelolaan sampah sendiri mantan Bupati Bantaeng dua Periode itu mengakui, masih kalah jauh metode pengelolaan di Sulsel, dengan di Belanda dan Jerman.

“Kita disini masih menggunakan pengelolaan secara tradisional, orang disana sudah menggunakan teknologi,” beber Nurdin Abdullah.

Khaerul