Wakili Sulsel Lomba Sekolah Sehat, SMPN 3 Sungguminasa Optimistis Juara

Penyerahan Sertifikat juara 1 lomba sekolah sehat tingkat kabupaten. 

BERITA.NEWS, Gowa – Pada ajang lomba sekolah sehat tingkat nasional pada bulan Juli 2019 mendatang, Sulawesi Selatan mengirim Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 3 Sungguminasa sebagai perwakilan dalam ajang tersebut. 

Dimandatnya SMPN 3 Singguminasa dalam lomba tingkat nasional tersebut kata 
Kepala Sekolah SMPN 3 Sungguminasa Fajar, setelah sebelumnya telah meraih juara satu sebagai Sekolah Sehat pada tingkat Provinsi Sulawesi selatan yang diselenggarakan pada April 2019 lalu.

“Alhamdulillah sekolah kita dapat mewakili Sulawesi selatan pada lomba sekolah sehat tingkat Nasional. Insya Allah kita dapat keluar sebagai juara satu lagi, kita minta doa dan dukungannnya semua,” terangnya. Rabu (19/6/2019).

Diakui fajar, keberhasilan sekolahnya mewakili Sulawesi selatan sebagai sekolah sehat berkat ketekunan semua pihak dari guru dan siswa-siswinya yang bersungguh-sungguh mendukung program sekolah sehat oleh pemerintah.

Baca Juga :  LSM Somasi Soroti Dugaan Penyimpangan Penggunaan Dana Bos SD IV Sungguminasa 

“Apa yg kita raih ini berkat dukungan semua pihak, terutama dari warga sekolah. IsnyaAllah akan banyak lagi prestasi-prestasi yang akan kita torehkan,”tambahnya.

Disamping itu, Kasubag pemberdayaan perempuan dan Agama Bagian Kesra Sekkab Gowa yang juga sebagai Tim penilai Sekolah sehat tingkat kabupaten, Rahma mengatakan, Lomba sekolah sehat ini diikuti sebanyak 54 sekolah dari setiap kecamatan yang ada di kabupaten Gowa.

“Seleksinya itu diikuti sebanyak 54 sekolah dari tingkat TK, SD dan SMP. disetiap kecamatan di wakil masing-masing tiga sekolah. Dan untuk tahun ini SMPN 3 Sungguminasa sebagai juara dan telah mewakili gowa dan sulsel ketingkat Nasional,” terangnya.

Rahma juga mengungkapkan adapun beberapa indikator penilaian sebagai sekolah sehat yakni meliputi sekolah yang berprilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), Budaya dan lingkungan yg sehat Baik lingkungan sekolah dan sekitarnya serta Kantin Sekolah, 

Baca Juga :  Bupati Luwu Hadiri PSBM XXII di Makassar

Usaha Kesehatan Sekolah (UKS)  yg mencerminkan pengelolahan dan informasi hidup yang sehat,  kepribadian Iman dan ketaqwaan terkait prilaku agamais yang mencerminkan kepribadian yg sehat, sanititasi/selokan sanitasi toilet yang bersih dan sehat, serta sistem pengelolaan sampah yang baik dari pihak sekolah.

“Seluruh indikator sudah dipenuhi dengan baik oleh SMPN 3 Sungguminasa. Kami tentu berharap pada tingkat nasional nanti dapat menoreh prestasi lagi,” harapnya.

ACP