Ramadan 1440, Telkomsel Pamasuka Siapkan Jaringan dan Layanan Terlengkap

(Ki-ka) Vice President ICT Network Management Area Pamasuka Samuel Pasaribu, Executive Vice President Area Pamasuka Ronny Arnaz, Vice President Sales and Marketing Area Pamasuka Herry Setiawan dan Vice President Business Support Area Pamasuka Ari Besar Pribumi saat menggelar konfrensi pers di Baruga Telkomsel, Jumat (5/10/2019)
(Ki-ka) Vice President ICT Network Management Area Pamasuka Samuel Pasaribu, Executive Vice President Area Pamasuka Ronny Arnaz, Vice President Sales and Marketing Area Pamasuka Herry Setiawan dan Vice President Business Support Area Pamasuka Ari Besar Pribumi saat menggelar konfrensi pers di Baruga Telkomsel, Jumat (5/10/2019)

BERITA. NEWS,Ā  Makassar – Dalam upaya memberikan kenyamanan berkomunikasi bagi pelanggan pada periode Ramadan dan Idul Fitri (RAFI) tahun ini, secara nasionalĀ  Telkomsel telah meningkatkan seluruh elemen jaringan di titik-titik strategis jalur mudik dan pusat-pusat keramaian publik.

Momentum RAFI merupakan momen spesial bagi masyarakat Indonesia. Jutaan orang melakukan ibadah puasa Ramadan dan ritual pulang kampung halaman pada saat Idul Fitri yang dikenal dengan mudik. Selain mudik, masyarakat Indonesia juga memanfaatkan periode tersebut untuk berlibur bersama keluarga dan kerabat.

Telkomsel membangun 10.000 base transceiver station (BTS) multi-band Long Term Evolution (LTE) di seluruh Indonesia untuk menghadirkan layanan yang berkualitas dengan kapasitas yang memadai, dalam upaya memberikan kenyamanan berkomunikasi bagi pelanggan pada periode Ramadan dan Idul Fitri (RAFI) tahun ini.

Executive Vice President Area Pamasuka, Ronny Arnaz, mengatakan momentum RAFI merupakan momen spesial bagi masyarakat Indonesia. Jutaan orang melakukan ibadah puasa Ramadan dan ritual pulang kampung halaman pada saat Idul Fitri yang dikenal dengan mudik.

ā€œPeriode RAFI tahun ini menjadi momentum yang istimewa bagi Telkomsel, karena bersamaan periode ini Telkomsel genap berusia 24 tahun. Kami sangat bersyukur dan mengucapkan terima kasih atas kepercayaan pelanggan setia,ā€ Ujarnya di Baruga Telkomsel, Jumat (5/10/2019).

Ia melanjutkan, pada momen RAFI ini pula keandalan jaringan dan layanan Telkomsel yang sesungguhnya diuji, umumnya penggunaan layanan komunikasi lebih tinggi dibanding hari biasa. Untuk itu, sejak jauh-jauh hari Telkomsel menggelar berbagai persiapan dari sisi infrastruktur maupun produk dan layanan agar pelanggan tetap bisa menikmati layanan dengan nyaman pada saat periode RAFI.

ā€œPada RAFI tahun ini, Telkomsel Area Pamasuka  memperkirakan terjadi lonjakan trafik layanan data sebesar 14% dibandingkan hari normal, bahkan sekitar 60 % jika dibandingkan periode RAFI tahun lalu,ā€ tuturnya.

Dalam kesempatan yang sama Vice President ICT Network Management Telkomsel Area Pamasuka  Samuel Pasaribu  memastikan kenyamanan berkomunikasi pelanggan, Telkomsel telah menggelar drive test rutin di berbagai titik dengan kepadatan trafik komunikasi tertinggi  dan di sepanjang jalur darat dibeberapa daerah yang menjadi  tujuan mudik pelanggan . Seperti Balikpapan  Banjamasin, Makassar ,Pare-Pare dan Palangkaraya .

“Telkomsel dapat lebih leluasa dan fleksibel dalam meningkatkan teknologi seluler yang diimplementasikan, Hal ini membuka peluang lebih besar bagi masyarakat yang belum dapat menikmati 4G menjadi menikmati layanan broadband bagus dan berkualitas, ujar Samuel Pasaribu. 

Dalam sisi layanan dan loyalti pelanggan, Vice President Sales and Marketing  Telkomsel Area Pamasuka, Herry Setiawan, mengatakan dalam menyambut Ramadhan dan Idul Fitri 1440 H  dan Hut Telkomsel ke -24, Telkomsel menghadirkan berbagai program loyalty kepada pelanggannya. 

Sejumlah program telah kami sediakan untuk memanjakan pelanggan, diantaranya Program Undian Telkomsel Siaga Sebar Hepi , Berikan Hadiah Milyaran Rupiah Ke Pelanggan,  Berkah Ramadhan SMS Banking 2019 serta Beragam program  untuk mengoptimalkan layanan  data pun dibuat oleh Telkomsel  dengan aneka hadiah menarik buat pelanggan ” ujar Herry Setiawan.

“Kepercayaan dan kepuasan dari pelanggan adalah kunci bagi Telkomsel untuk terus berkembang di masa mendatang sebagai penyedia layanan dan solusi mobile digital lifestyle kelas dunia yang terpercaya” ujar Herry. 

Perilaku komunikasi pemudik pada RAFI tahun ini didominasi penggunaan layanan data. Tingginya penggunaan layanan data antara lain dipicu seringnya pelanggan mengunggah foto dan video aktivitas mudik dan wisata ke media sosial serta aplikasi pesan instan.

Di samping itu, pelanggan juga memanfaatkan layanan data untuk mengakses berbagai informasi seperti  direktori kuliner, hotel , tempat wisata dan beragam aktivitas sosial media yang tidak terbatas pada waktu dan tempat  , serta menikmati berbagai layanan hiburan digital, seperti video, musik, dan games.

Di sisi lain, trafik layanan suara diperkirakan turun sekitar-2%   dibanding hari normal, sedangkan trafik layanan SMS diperkirakan turun sekitar-25%  dibanding hari normal. Hal ini sudah diprediksi sebelumnya, mengingat perilaku pelanggan yang kini semakin fasih dan intensif dalam menggunakan berbagai aplikasi dan layanan digital, yang mengakibatkan turunnya intensitas penggunaan layanan suara maupun layanan SMS.

IA