Go-Jek Gandeng ACT dan PMI Edukasi Langkah P3K ke Komunitas Mitra Driver

Head of Regional Corporate Affairs Bagian Timur Indonesia GOJEK Mulawarman (Kedua Kiri) Head of Program ACT Sulsel Nur Ali Akbar (kedua dari kanan) dan Andi Syamsir, Kepala Bidang Diklat dan Relawan PMI Sulsel (paling kanan) saat menggelar konferensi pers di Hotel Ibis Jl Ratulangi, Makassar, Kamis (2/5/2019)

BERITA.NEWS, Makassar – Operator transportasi ojek online, Go-Jek, bersama Aksi Cepat Tanggap (ACT) dan PMI Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) memberikan edukasi kepada komunitas mitra driver mengenai langkah tepat pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K).

Selain itu, Go-Jek juga menyiagakan ambulans 24 jam bagi mitra dan pengguna di wilayah Kota Makassar.

Head of Regional Corporate Affairs Indonesia Bagian Timur Go-Jek Mulawarman berharap, melalui kerja sama dengan ACT dan PMI Sulsel, pihaknya merangkul mitra driver Makassar khususnya yang tergabung dalam komunitas Unit Reaksi Cepat (URC).

Baca juga:

Apalagi saat in, mitra pengemudi Go-Jek merupakan perpanjangan tangan dalam memberikan dampak positif termasuk untuk meminimalisir risiko kecelakaan lalu lintas.

“Kami juga berkomitmen semakin memberdayakan mereka melalui pelatihan P3K yang diberikan oleh pihak-pihak yang berkompetensi,” ujar Mulawarman saat menggelar konferensi pers di Hotel Ibis Jalan Ratulangi, Makassar, Kamis (2/5/2019).

Go-Jek Makassar meluncurkan Ambulans untuk Komunitas URC, di Hotel Ibis, Kamis (2/5/2019).

Adapun pelatihan P3K Go-Jek di Makassar terbagi menjadi dua bagian dan diadakan melalui wadah Bengkel Belajar Mitra (BBM) yang bertujuan untuk menaikkelaska mitra Go-Jek.

Pertama, pelatihan P3K tingkat dasar yang diampu oleh PMI Provinsi Sulsel. Kedua, adalah pelatihan P3K bersertifikat dan menyasar mitra
driver yang tertarik menjadi bagian dari komunitas URC.

Sementara perwakilan Kepala Bidang Diklat dan Relawan PMI Sulsel, Andi Syamsir menuturkan, kerjasama ini menjadi kali pertama dengan layanan ride-hailing untuk mitigasi risiko lakalantas.

“Ini menarik karena teman-teman mitra driver sering menghabiskan waktunya di jalan memahami sisi praktis pertolongan pertama. Harapan kami, semakin banyak mitra driver Go-Jek yang teredukasi sehingga dapat menolong sesama pengguna jalan bila terjadi kecelakaan,” harapnya.

Perwakilan Kepala Cabang ACT Provinsi Sulsel Faizal Agunisman sangat menyambut positif kerja sama dengan Go-Jek.

“Ini sejalan dengan komitmen kami membuat emakin banyak masyarakat paham akan keterampilan menolong. Keterampilan penolong tidak boleh disepelekan, harapan kami dengan materi yang komprehensif, mitra driver sigap memberikan respon yang tepat untuk kondisi darurat di jalan raya,” tuturnya.

Selain mengadakan pelatihan P3K, Go-Jek Makassar juga meluncurkan ambulans untuk membantu komunitas URC menangani luka ringan dan luka sedang di tempat kejadian kecelakaan.

(*AIA)