Mantan Presiden Swiss Flavio Cotti Meninggal Dunia karena Corona

Foto: Flavio Cotti, difoto pada tahun 1998 selama masa jabatan keduanya sebagai presiden Swiss (SERGEY TYAGIN/AFP Photo)

BERITA.NEWS, Jenewa – Mantan Presiden Swiss, Flavio Cotti yang juga pernah menjabat sebagai menteri luar negeri dan dalam negeri, meninggal dunia pada usia 81 tahun. Dia dilaporkan meninggal karena infeksi virus Corona.

“Dengan sangat sedih saya mengetahui kematian Flavio Cotti,” kata Menteri Luar Negeri Swiss Ignazio Cassis di Twitter, seperti dilansir AFP, Kamis (17/12/2020).

“Semangat politiknya akan selalu hadir di Kementerian Luar Negeri,” imbuhnya, dikutip dari detikcom.

Menurut harian regional di wilayah Ticino, Swiss yang berbahasa Italia, yang pertama kali melaporkan kematian Cotti, dia meninggal pada Rabu (16/12) sore di rumah sakit Locarno.”Menyusul komplikasi akibat virus Corona,” tulis laporan itu.

Cotti, yang merupakan seorang pengacara, naik pangkat di Partai Demokrat Kristen di Ticino, sebelum menghabiskan 12 tahun di pemerintahan nasional di Bern, dari tahun 1987 hingga 1999.

Dia telah menjabat sebagai menteri luar negeri dan dalam negeri, dan dua kali menjabat sebagai presiden. Dalam sistem Swiss, semua menteri pemerintah memegang kursi kepresidenan secara bergilir satu tahun.

Cotti dikenal karena telah bekerja untuk mendekatkan Swiss ke organisasi internasional, dan melobi negaranya untuk bergabung dengan PBB, sesuatu yang akhirnya dilakukan Swiss tiga tahun setelah dia meninggalkan jabatannya.

Cotti juga telah bekerja agar Jenewa tetap menjadi tuan rumah markas PBB di Eropa. Dia juga membantu memastikan bahwa Organisasi Perdagangan Dunia (WTO) yang didirikan pada tahun 1995, berpusat di kota tersebut.

 

Comment