Kapolres Sinjai Uji Kompetensi Anggota Bhabinkamtibmas

BERITA.NEWS, Sinjai – Polres Sinjai menggelar tes uji kemampuan bagi anggota Bhabinkamtibmas.

Tes uji kompetensi anggota Bhabinkamtibmas jajaran Polres Sinjai ini dalam memahami tugas dan menangani permasalahan di lapangan.

Sebanyak 47 peserta dalam tes uji kompetensi ini yang digelar di ruang Lobby Pratasara Wirya Mapolres Sinjai, Kamis (16/5/2024).

Rinciannya, sebanyak 39 peserta dari Bhabinkamtibmas dan 8 peserta dari Kanit Binmas Polsek jajaran.

Kapolres Sinjai AKBP Fery Nur Abdulah mengungkapkan tugas kepolisian semakin kompleks, terutama bagi Bhabinkamtibmas.

“Bhabinkamtibmas merupakan garda terdepan polisi di tingkat desa/kelurahan,” ungkapnya.

Kapolres Sinjai menekankan bahwa Bhabinkamtibmas perlu memiliki kemampuan yang handal dalam menangani berbagai tantangan di lapangan secara efisien.

“Tes uji kemampuan ini akan membantu kita mengevaluasi bagaimana kemampuan para Bhabinkamtibmas dalam memahami tugasnya mengelola kamtibmas di daerah binaannya,” jelas Fery Nur Abdulah.

Dijelaskan, dalam proses tes uji kompetensi ini, para peserta tes diberikan serangkaian persoalan yang dihadapi secara aktual di Kabupaten Sinjai.

Termasuk kata Kapolres kasus bencana alam, kriminalitas, pengamanan dan pengaturan ditempat rekreasi, perambatan hutan, demonstrasi, dan lain sebagainya.

“Setelah tes uji kemampuan ini, kita dapat mengetahui kemampuan personel Bhabinkamtibmas dalam memahami dan menyelesaikan persoalan,”ujarnya.

Tes uji kemampuan ini merupakan salah satu upaya Polres Sinjai untuk terus meningkatkan kapasitas dan responsivitas Bhabinkamtibmas dalam melaksanakan tugasnya.

 

Penulis: Syarif

Comment