Wales Kokoh di Puncak Grup B4 Nations League

Penyerang tim nasional Wales David Brooks (tengah) menyundul bola untuk mencetak gol ke gawang Republik irlandia dalam lanjutan UEFA Nations League Divisi B Grup 4 (B4) di Stadion Cardiff City, Cardiff, Wales, Minggu (15/11/2020) waktu setempat. (ANTARA/REUTERS/John Sibley)

BERITA.NEWS, Jakarta – Tim nasional Wales makin kokoh di posisi puncak klasemen sementara UEFA Nations League Divisi B Grup 4 (B4) seusai mengalahkan tamunya Republik Irlandia dengan skor 1-0 di Stadion Cardiff City, Minggu waktu setempat (Senin WIB).

David Brooks mencetak gol semata wayang kemenangan Wales dengan sundulannya menyambut umpan silang kiriman Gareth Bale, demikian catatan laman resmi UEFA.

Bale sendiri hampir membuka keunggulan Wales lebih awal pada menit ke-24 ketika mengeksekusi tendangan bebas dari jarak jauh. Tendangannya sudah tak terjangkau kiper Darren Randolph, tetapi bolanya masih membentur mistar gawang sebelum keluar dari lapangan.

Selepas unggul, Brooks hampir mencetak gol kedua untuk Wales setelah bisa memperdaya Jeff Hendrick, tetapi bola tembakannya masih bisa ditepis oleh Randolph ke atas mistar gawang.

Baca Juga :  Milan Tundukkan Napoli 3-1, Ibrahimovic Sumbang Dua Gol

Sebaliknya, Irlandia memiliki beberapa peluang bagus termasuk James McClean, tetapi selalu gagal mencetak gol. Irlandia bahkan harus menuntaskan laga dengan 10 pemain sebab Hendrick menerima kartu merah pada menit keempat injury time.

Dalam pertandingan lain Grup B4 di Stadion Nasional Vasil Levski, Sofia, Finlandia sukses mengatasi tuan rumah Bulgaria 2-1.

Teemu Pukki membuka keunggulan Finlandia tujuh menit selepas sepak mula, sebelum Robin Lod menggandakan keunggulan di pengujung babak pertama.

Bulgaria memperoleh dua hadiah tendangan penalti, tetapi eksekusi Galin Ivanov digagalkan kiper Lukas Hradecky dan hanya peluang kedua yang bisa dimanfaatkan Dimitar Iliev untuk memperkecil ketertinggalan 1-2.

Baca Juga :  Atletico Taklukkan Barcelona Berkat Gol Semata Wayang Yannick Carrasco

Hasil-hasil itu membuat Wales mantap di puncak klasemen sementara Grup B4 dengan koleksi 13 poin, unggul satu poin atas Finlandia (12), diikuti Irlandia (2) dan Bulgaria (1) sebagai juru kunci.

Wales dan Finlandia akan melakoni penentuan tiket promosi ke Divisi A saat bertemu dalam laga pemungkas di Stadion Cardiff City pada Rabu (18/11).

Sedangkan Irlandia dan Bulgaria bakal berhadapan di Stadion Aviva, untuk menentukan siapa yang harus terdegradasi ke Divisi C untuk Nations League edisi berikutnya.

– ANTARA