Bupati Luwu Serahkan 50 Unit Hand Traktor kepada Kelompok Tani

BERITA.NEWS, Luwu – Bupati Luwu H Basmin Mattayang menyerahkan 50 Unit Hand Traktor kepada 50 Kelompok Tani di aula rumah jabatan Bupati Luwu, Kelurahan Pammanu, Kecamatan Belopa Utara, Jumat (6/11/2020).

Bupati didampingi dua anggota DPRD Luwu dari Partai Nasdem — H Basaruddin dan Arbi Arsyad –, serta Kepala Dinas Pertanian Albaruddin A Picunang.

Selain hand traktor, Bupati juga menyerahkan 1 unit mesin pompa air kepada masyarakat Desa Laloa, Kecamatan Larompong Selatan, yang diwakili oleh Kepala Desa Laloa, Andi Hajar.

Dalam sambutannya, Bupati Luwu menjelaskan bahwa asal bantuan alsintan ini merupakan aspirasi dari anggota DPR RI dari Partai Nasdem, Rusdi Masse.

“Bantuan ini berkat usulan dari Anggota DPR RI dari Partai Nasdem, Rusdi Masse yang kemudian dituangkan ke dalam anggaran APBN tahun anggaran 2020 pada Kementerian Pertanian yang dialokasikan untuk pengadaan hand traktor bagi para petani di Kabupaten Luwu. Sehingga pada hari ini Pemerintah Kabupaten Luwu membagikan sebanyak 50 unit hand traktor kepada kelompok tani yang disaksikan langsung oleh 2 anggota DPRD Luwu dari Partai Nasdem,” kata H Basmin Mattayang.

Baca Juga :  Cegah Kebakaran, Damkar Luwu Inspeksi Proteksi Gedung dan Lingkungan

Menurut Bupati, pemberian bantuan hand traktor bertujuan untuk meringankan kerja petani dalam mengolah lahan pertaniannya serta dapat meningkatkan taraf ekonomi dan kesejahteraan petani.

Dijelaskannya, salah satu visi misi Pemkab Luwu adalah meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan petani. Berbagai upaya dilakukan untuk mecapai tujuan tersebut, diantaranya meningkatkan sinergitas dengan pemerintah provinsi dan pemerintah pusat serta melakukan koordinasi dengan berbagai pihak terutama para anggota DPR RI.

“Olehnya itu, manfaatkan hand traktor ini dengan baik, dipelihara serta dipergunakan secara merata dan adil oleh seluruh anggota kelompok,” lanjut Basmin.

Basmin juga meminta kepada Kepala Dinas Pertanian untuk mensosialisasikan mengubah teknik menanam padi menggunakan pipa dan kembali pada teknik tradisional yaitu dengan cara menanam bibit karena hasilnya lebih banyak dan lebih menguntungkan.

Senada Bupati Luwu, anggota DPRD Luwu H Basaruddin mengungkapkan bahwa usulan bantuan hand traktor untuk para petani di Kabupaten Luwu tidak terlepas dari upaya pemerintah Kabupaten Luwu.

“Turunnya bantuan ini tak terlepas dari campur tangan bapak Bupati Luwu, dimana selain menjalin sinergitas, beliau telah memiliki keterikatan kekeluargaan dengan Bapak Rusdi Masse jauh sebelum beliau menjadi bupati. Sehingga dengan upaya tersebut dan keinginan besar dari keduanya apalagi didukung oleh Bapak Menteri Pertanian yang mengharapkan petani di Kabupaten Luwu ini makmur dan sejahtera maka bantuan ini dapat terealisasikan hari ini,” kata H Basaruddin.

Baca Juga :  Bupati Luwu Ajak Masyarakat Dukung Program Pemerintah Daerah

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian, Albaruddin A Picunang melaporkan bahwa 50 kelompok tani yang menerima bantuan hand traktor berasal dari 17 kecamatan. Dengan adanya bantuan hand traktor ini diharapkan dapat meningkatkan produktifitas hasil pertanian.

“Pada periode tanam April – September 2020 mampu mencapai 32.408 hektar. Selanjutnya akan dilakukan percepatan tanam untuk periode tanam Oktober – Maret. Insya Allah Pemerintah Kabupaten Luwu akan terus berupaya untuk meningkatkan sarana dan prasarana pertanian,” jelas Albaruddin A Picunang.

  • MUH ASRI