Balai Perkeretaapian Targetkan 107 Km Jalur KA Makassar-Parepare Rampung Akhir 2021

Kepala Balai Teknik Perkeretaapian Wilayah Jawa bagian Timur Jumardi (BERITA.NEWS/Andi Khaerul).

BERITA.NEWS, Makassar – Pengerjaan proyek Kereta Api (KA) Makasssar-Parepare terus digenjot. Tahun depan 2021 segmen Pangkep-Maros sepanjang 59,6 kilometer (km) ditarget selesai.

Diketahui, pembangunan jalur Kereta Api Trans Sulawesi Lintas Makassar-Parepare dimulai sejak tahun 2015 dan saat ini telah memasuki tahun ke-5. Pembangunan dimulai di Kabupaten Barru telah diselesaikan 47 KM.

Saat ini pembangunan dilanjutkan di Kabupaten Pangkep dan Maros sepanjang 59,6 KM. Pembangunan ditargetkan selesai pada Tahun 2021 meliputi jalur KA dan pembangunan 7 stasiun Mandai, Maros, Rammang-rammang, Pangkajene, Labakkang, Ma’rang, dan Mandalle.

Kepala Balai Teknik Perkeretaapian Wilayah Jawa bagian Timur Jumardi mengatakan pengerjaan segmen Mandai (Pangkep) – Palanro (Barru) ditargetkan selesai 107 kilometer (Km)

“Kita targetkan (Pangkep-Maros-Barru) tersambung akhir 2021. Sebelum 2024 kita usahakan selesai Makassar-parepare sepanjang 142 kilometer,” sebutnya saat melakukan tinjauan jalur kereta api di daerah Barru Stasiun Tanete Rilau, Kamis (1/10/2020).

Sementara itu, untuk pengerjaan Stasiun Kereta Api segmen Pangkep-Maros ditangani PT Bumi Karsa naungan Kalla Development & Construction sebagai kontraktor utama atau main kontraktor dalam Proyek Stasiun tersebut.

“Harapannya dengan adanya kegiatan ini dapat menjadi awal penyelesaian proyek kereta api secara keseluruhan sesuai dengan rencana yang telah ditetapkan,” kata Direktur PT Bumi Karsa Kamaluddin di pengerjaan Stasiun Mandalle Pangkep.

. ANDI KHAERUL

loading...