Pemprov Sulsel Bahas Kenaikan Upah Guru Honorer

Plt Kadisdik Sulsel Basri.

BERITA.NEWS, Makassar – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulsel dikabarkan tengah membahas rencana kenaikan upah bagi tenaga pendidik, khususnya guru honorer.

Hal itu, dibeberkan Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Sulsel Basri. Rencana tersebut saat ini sudah berada dalam rana pembahasan tim keuangan dan DPRD Sulsel.

Diketahui, upah bagi guru honorer di Sulsel saat ini masih dihargai Rp 10 ribu per jam mata pelajaran di APBD tahun 2020. Usulan kenaikan menjadi Rp 15 ribu per jam.

“Kesejahteraan guru adalah salah satu prioritas dalam rangka bagaimana mereka diberikan pelayanan secara maksimal sehingga dapat bekerja secara maksimal pula. Utamanya agar mereka juga bisa meningkatkan kemampuan dirinya,” ucapnya.

Baca Juga :  Gubernur NA Pimpin Rapat Persiapan Peresmian Bandara Buntuk Kunik Toraja

Basri mengatakan, kesiapan anggaran upah guru honorer tersebut, selain dari APBD 2020 juga mengandalkan dana BOS yang diterima di setiap SMA atau SMK se-Sulsel.

“Sementara ini melalui pembicaraan di DPRD dan menghitung berapa besarannya yang disesuaikan dengan kemampuan keuangan kita,” ujarnya, usai menghadiri Dies Natalis UNM ke-59 di Gedung Pinisi Makassar.

Baca Juga :  Sekprov Sulsel Tegaskan Penyaluran Bantuan Sembako Harus Tepat Sasaran

Selain itu, Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah (NA) tetap berharap adanya penerimaan CPNS tahun ini. Khususnya bagi tenaga pendidik. Meski sebelumnya pemerintah pusat melalui Kemenpan RB menyatakan tidak ada penerimaan CPNS tahun 2020.

โ€œKita tak ingin kekurangan tenaga pengajar di sektor pendidikan,” pungkas NA.

. ANDI KHAERUL

loading...