Soal Pergantian Ketua DPD II Golkar, Syamsul: Tidak Ada yang Dikorbankan

Wakil Ketua Korbid Golkar Sulsel Syamsul Alam Mallarangeng.

BERITA.NEWS, Makassar – Tanggapan mantan bendahara Golkar Sulsel Rusdin Abdullah terkait dinamika pergantian Ketua DPD II Golkar di sejumlah daerah mendapat respon dari Wakil Ketua Korbid Golkar Sulsel Syamsul Alam Mallarangeng.

Menurut Syamsul, pergantian atau reposisi pengurus dalam struktur partai sudah biasa terjadi dan setiap saat bisa dilakukan.

Tentunya, sesuai mekanisme dan aturan partai. Untuk itu, pergantian Plt ketua Golkar di beberapa daerah sesuai sesuai prosedur dan keputusan tersebut dipandang yang terbaik.

“Jadi pergantian ketua itu tidak ada yang dikorbankan apalagi disingkirkan atau dibumihanguskan. Semua mantan Plt akan dikembalikan ke posisi tugas dan pokok masing-masing,” kata Syamsul Alam, Minggu (31/5/2020).

Adapun menyangkut pengganti ketua-ketua DPD II yang dianggap Rusdin Abdullah tidak berkualitas karena caleg gagal, kata Syamsul Alam, hal itu tidak bisa dijadikan sebagai ukuran atau dasar karena konteksnya berbeda.

“Terpilih sebagai legislator ataupun tidak itu bukan menjadi ukuran dari kualitas seorang kader Golkar, karena belum tentu juga terpilih kemudian berkualitas,” sindirnya.

Adapun mengenai tudingan bahwa rotasi Plt karena kepentingan Musda Golkar Sulsel, kata Syamsul Alam hal itu sama dekali tidak ada hubungannya.

Apalagi sampai saat ini belum ada jadwal pelaksanaan musda atas instruksi DPP sampai batas waktu yang tidak ditentukan.

“Jadi jangan memberikan persepsi sendiri apalagi berwacana di media karena hanya menimbulkan kekeliruan yang tidak sesuai proses organisasi,” urainya.

Sebelumnya, Plt Ketua Golkar Sulsel, Nurdin Halid menegaskan tidak pernah meminta ketua DPD II mendukung adiknya Kadir Halid sebagai kandidat Ketua Golkar Sulsel.

Menurut dia, pergantian 5 Plt ketua DPD II adalah murni keputusan Golkar Sulsel dengan pertimbangan yang berbeda.

Dia juga menegaskan, tidak pernah mendorong adiknya maju. “Saya tidak pernah mendorong adik saya maju,” ujar Nurdin.

Diketahui, DPD I Golkar Sulsel merotasi plt ketua DPD II di lima kabupaten/kota di Sulsel. Para ketua DPD II yang dicopot ialah Fahruddin Rangga di Kabupaten Takalar, Iskandar Zulkarnain Latif (Icul) di Sinjai, Hoist Bachtiar di Gowa. Bahkan beredar kabar Armin Mustamin Toputiri juga dicopot dari Plt Ketua DPD II Kota Palopo.

. Muh Asri

Comment