Dinkes Sulsel: Ada 12 Kabupaten/Kota Dinyatakan Aman Covid-19

Kadis Kesehatan Sulsel Ichsan Mustari.

BERITA.NEWS, Makassar – Kepala Dinas Kesehatan Sulawesi Selatan (Dinkes Sulsel) Ichsan Mustari menyebutkan 12 kabupaten dan kota aman Covid-19. Ini setelah melihat angka reproduksi efektif (Rt) di bawah satu.

12 daerah tersebut yakni, Kabupaten Bantaeng, Barru, Bulukumba, Enrekang, Jeneponto, Selayar, Pangkep, Tana Toraja, Toraja Utara, Wajo, Pinrang dan Kota Palopo.

“Sebanyak 12 wilayah yang dinyatakan aman dan dikelompokkan dalam Rt di bawah satu dengan jumlah pasien positif nol,” kata Ichshan Mustari, Minggu (31/05/2020).

Baca Juga :  Presiden Bolivia Anez Positif Corona

Menurutnya, kasus Covid-19 di Sulsel semakin menurun dibuktikan dengan adanya 12 Kabupaten yang dinyatakan aman tersebut.

“Sampai saat ini angka kesembuhan semakin tinggi dan kasus Covid-19 semakin menurun bahkan angka reproduksi (RT) virus pun menurun di posisi di bawah satu yang sebelumnya capai angka 3,8,” ujarnya.

Meski begitu, ketua IDI Sulsel tersebut mengaku Covid-19 memang tidak bakalan habis sama sekali sampai vaksin dan obat-obat ditemukan. Tetapi bisa ditangani secara medis dalam kondisi normal.

Baca Juga :  Mendagri Dorong Kampanye Pilkada secara Virtual, Ketemu Langsung Dibatasi 50 Orang

“Pandemi covid 19 memang berangsur melandai. Kejadian luar biasa atau pandeminya yang diharap segera berakhir. Virus covid-19 tidak akan hilang, tetapi menjadi sakit biasa. Bukan lagi kajadian luar biasa atau pandemi,” pungkasnya.

. Andi Khaerul

loading...