Suzuki XL7 Suzuki XL7 meluncur di Jakarta hari ini (Luthfi Ansori/detikOto)

BERITA.NEWS, Jakarta – Setelah lama dinanti, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) akhirnya meluncurkan Ertiga versi SUV bernama ‘XL7’.

Peluncuran Global XL7 ini dilakukan di Grand Ballroom Krakatau, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta, Sabtu (15/2/2020).

Dikatakan President Director PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) Seiji Itayama, peluncuran Global XL7 sengaja dilakukan tahun ini untuk menyambut momen usia ke-50 tahun Suzuki di Indonesia.

“Bertepatan dengan momen itu, kami ingin memberikan sesuatu yang istimewa bagi konsumen Indonesia, yaitu peluncuran Global produk terbaru kami yang dilaksanakan di Indonesia, Suzuki XL7. Suzuki XL7 adalah sebuah SUV yang akan menjadi pilihan baru bagi pecinta Suzuki di Indonesia,” ujar Itayama.

Ditambahkan Head of Marketing 4W SIS, Donny Saputra, kehadiran XL7 juga ditujukan sebagai suksesor dari model legendaris Suzuki Escudo XL7.

“Pada 2003 hadir SUV legendaris Grand Escudo XL7, yang berhasil menyita perhatian masyarakat saat itu. Dari 2003 hingga 2008, mobil ini terjual lebih dari 3.000 unit,” ujar Donny.

“Hari ini kami menghadirkan kembali ketangguhan dan cita rasa SUV 7-seater dengan tampilan lebih modern dan berkarakter, yaitu Suzuki XL7,” terang Donny.

Sebagai informasi, Suzuki XL7 ditawarkan dalam tiga varian, yakni trim paling rendah Zeta, trim menengah Beta, dan trim tertinggi Alpha. Sementara pilihan transmisinya ada dua, manual dan otomatis.

Suzuki XL7 memiliki beberapa pilihan warna, untuk varian Zeta dan Beta memiliki pilihan warna, Prime Cool Black, Pearl Snow White, Pearl Burgundy Red, dan Magma Grey Met.

Sedangkan untuk varian Alpha memiliki pilihan warna Rising Orange+Black, Brave Khaki + Black, Prime Cool Black, dan Prime Snow White.

Mengutip Detikcom, Ertiga versi SUV tersebut kali pertama meluncur di India. Namun di India model tersebut dinamakan XL6, karena memiliki konfigurasi 6 kursi untuk 6 penumpang. Sementara di Indonesia konfigurasi joknya tetap 7 penumpang, sehingga dinamakan XL7.

Di kelas yang sama, Suzuki XL7 akan bersaing dengan Toyota Rush, Daihatsu Terios, Honda BR-V, dan Mitsubishi Xpander Cross.