42 Bantuan Traktor dari DPRD Jeneponto Diserahkan ke Kelompok Tani

Dinas Pertanian didampingi pihak Kejari Jeneponto serah terima mesin Hantraktor untuk kelompok tani kabupaten Jeneponto. (BERITA.NEWS/Muh Ilham).
Dinas Pertanian didampingi pihak Kejari Jeneponto serah terima mesin Hantraktor untuk kelompok tani kabupaten Jeneponto. (BERITA.NEWS/Muh Ilham).

BERITA.NEWS, Jeneponto – Dinas Pertanian Kabupaten Jeneponto mendapat bantuan aspirasi dari anggota Dewan Perwakilan Rakyat RI. Bantuan tersebut berupa mesin Hantraktor.

Didampingi pihak Kejasaan Negeri Jeneponto, Dinas Pertanian menggelar serah terima bantuan Hantraktor untuk kelompok tani di gudang peralatan dan dihadiri oleh beberapa kelompok tani.

Sebanyak 42 unit mesin Hantraktor akan dibagikan ke kelompok tani masing-masing di 11 Kecamatan di Kabupaten Jeneponto.

Kepala dinas Pertanian Kabupaten Jeneponto, Ahmad menyampaikan pihaknya sengaja mengundang pihak Kejari Jeneponto agar saat pembagian mesin Hantraktor kelompok tani penerima bisa mendengarkan arahan langsung dari pihak kejari Jeneponto.

“Itu agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan dikemudian hari,” kata Ahmad kepada wartawan, Senin (18/11/2019).

Menurutnya, pembagian mesin hantraktor tersebut untuk menggenjot pembangunan kususnya disektor pertanian kabupaten Jeneponto.

Baca Juga :  6.546 Rumah Warga Kabupaten Kupang Rusak Diterjang Seroja

” Harapan kami bagaimana bantuan ini digunakan sebaik-baiknya dan bisa mempercepat penanaman agar bisa menanam 2 kali dalam setahun,” jelasnya.

Tak hanya itu, pihaknya juga menjelaskan bantuan mesin hentraktor itu kata dia, jangan merasa ketua kelompok yang memiliki. Bahkan di luar kelompok tani juga bisa memakainya dengan sistim sewa.

“Mesin ini bisa dipakai siapa saja. Dan harusnya mereka membuat komitmen. Sepanjang itu ada biaya operasional seperti pembeli bahan bakar, juga biaya pekerjanya yaitu operatornya juga digaji, kan masuk di rekening kelompok. Kalau ada kerusakan mesin bisa diperbaiki. Jangan rusak langsung simpan,” ujarnya.

Selain itu, Ahmad sangat berterimakasih kepada anggota dewan yang telah bekerja keras peduli dengan masyarakat Jeneponto sehingga menurunkan bantuan mesin hantraktor ini.

“Untuk anggota dewan yang terhormat  M. Irwan Zulfikar (PAN) dan H. Andi Ridwan Wittiri (PDIP) terimakasih banyak sudah perduli dan menurunkan bantuan mesin traktor untuk para kelompok tani di Kabupaten Jeneponto. Saya berharap anggota dewan lainnya juga bisa seperti beliau,” pungkasnya.

Baca Juga :  Jamaah Pesantren Mahfilud Dluror di Jember Puasa Lebih Awal

Sementara, salah satu ketua Kelompok Tani Bonto Gadong Bersinar Desa Banri Manurung, Andi Burhan mengucapkan terimakasih kepada pemerintah kabupaten Jeneponto karena telah memberikan bantuan mesin tersebut.

“Alhamdulillah terimakasih kepada pemerintah kususnya kepala dinas pertanian sudah memberikan bantuan mesin hantraktor kepada kelompok kami. Kami akan betul-betul mempergunakannya dengan baik,” katanya.

  • Muh Ilham