Sepeda Jelajah Geopark, Disbudpar Target Masuk Daftar 100 Wonderful Event of Indonesia

Sekretaris Disbudpar Sulsel Kemal Redindo Putra Syahrul dan GM Jelajah Geopark Dedi Irfan Bahdi. (Berita.news/KH).

Sekretaris Disbudpar Sulsel Kemal Redindo Putra Syahrul dan GM Jelajah Geopark Dedi Irfan Bahdi. (Berita.news/KH).

BERITA.NEWS, Makassar – Dinas Budaya dan Pariwisata (Disbudpar) Pemprov Sulsel membuka potensi destinasi wisata baru yang kemas dalam bentuk event ‘Sepeda Jelajah Geopark’ Maros-Pangkep 2019. 

Sekretaris Disbudpar Sulsel Kemal Redindo Syahrul Putra mengatakan sepeda Jelajah Geopark ini merupakan satu kegiatan yang dimaksudkan untuk membuat destinasi wisata baru di Sulsel. 

Olehnya itu, pihaknya akan memperkuat promosi potensi destinasi wisata tersebut. Apalagi kata Kemal pihaknya targetkan event ‘Sepeda Jelajah Geopark’ masuk dalam 100 daftar Wonderful Event of Indonesia.

“Target ini bisa masuk 100 wonderful event of Indonesia. Ini memang harus di jual semua potensi yang ada. Ini tidak hanya wisata alam, tapi kuliner, belanja. Kalau ini sukses dan dilirik kementrian. Maka Geopark ini harus ada kulinernya, shopping,” ucapnya di kantor disbudpar SULSEL, Kamis (27/6/2019).

Menurutnya, rute sepeda Jelajah Geopark itu akan dikelilingi oleh icon destinasi wisata seperti, gua prasejarah leang-leang, Taman Batu Balocci, Tonasa Park dan taman arkeologi sumpang pita. Adapun Jarak tempuh sepeda itu mencapai 42 kilometer.

“Saya harap apapun yang menyangkut Geopark ini kami sangat mendukung. Pak gubernur juga berencana bangun 5 destinasi andalan, seperti di Bulukumba, laelae, Selayar dan Toraja,” ujar putra mantan Gubernur Sulsel itu.

Sementara itu, GM Jelajah Geopark Dedi Irfan Bahdi mengatakan melalui lintasan itu, pihaknya ingin perkenalkan 5 Destinasi wistas yang di Maros dan Pangkep. Setiap titiknya juga akan di lengkapi dengan rest area atau tempat beristirahat para wisatawan.

“Dalam 42 km ini ada aspal, pematang sawah, cor beton. Jalan akses semen Bosowa lumayan padat dengan truk. Tanjakan kemiringan 60 derajat setelah leang-leang. Ke balocci jalan terjal dan cukup panjang. Paling lama itu 4 jam. Sepanjang jalan ada rambu-rambu,” ungkapnya.

Event Sepeda Jelajah Geopark ini akan dimulai hari Sabtu tanggal 29 Juni 2019 sampai Minggu 30 Juni 2019. Dengan item kegaiatan. Mulai Fun camping, warming up, fun bike, band performan, games dan pembagian door prize total hadiah Rp. 50 juta.

  • KH

Comment