1 Juli PPDB SD-SMP di Gowa Dibuka, Ini Jumlah Kuotanya

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Gowa, Dr Salam.

BERITA.NEWS, Gowa РPenerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Kabupaten Gowa  untuk dua jenjang pendidikan dasar SD dan SMP mulai dibuka pada tanggal 1 Juli 2019 mendatang. 

Saat ditanya terkait kesiapan PPDB SD-SMP, 0Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Gowa, Dr Salam menjelaskan, kuota untuk zonasi mencapai 85 persen, non zonasi 15 persen meliputi (prestasi 10 persen dan perpindahan 5 persen).

Sementara, lanjut Salam untuk daya tampung calon siswa tidak ada masalah. Untuk SD dialokasi 28 orang per kelas dengan maksimal 6 kelas sedang untuk SMP maksimal 32 orang per kelas dengan maksimal 11 kelas. 

“Terkait daya tampung para calon siswa saya kira tidak masalah. Jumlah SD di Gowa sebanyak 412 sekolah sedang SMP sebanyak 109 sekolah. Hanya saja perlu diketahui tidak semua SD dan SMP tersedia kuota sesuai jumlah kelasnya karena pasti disesuaikan kondisi sekolah itu sendiri,” terang Salam. Kamis (27/6/2019).

Salam juga menjelaskan, jika  sistem pendaftaran zonasi SMP tidaklah sama dengan sistem yang ada pada SMA. Hal ini dikarenakan sistem online di Gowa belum merata. 

“Di Gowa itu sistem online belum merata. Pada umumnya sekolah kita belum siap sistem daring (online), kita masih gunakan luring (offline). Dan regulasinya itu berdasarkan Permendikbud nomor 20 tahun 2019,” jelas Salam.

Sementara itu, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Gowa, Ambo dikonfirmasi terpisah mengatakan, pihaknya menambah jam pelayanan sejak dibukanya sistem zonasi di Gowa. 

Mengingat salah satu persyaratan utama sistem zonasi dalam PPDB yakni data kependudukannya.

Sejak dibukanya PPDB sistem Zonasi pula, Ambo mengatakan, pihaknya menambah jam pelayanannya hingga malam hari. 

Penambahan jam pelayanan ini dikhususkan bagi para orangtua calon siswa yang mengurus berkas seperti akta kelahiran, kartu keluarga dan sebagainya untuk keperluan pendaftaran masuk sekolah anak-anaknya. 

“Karena membludak orangtua calon siswa datang kami tambah jam operasional, karena kalau ditunda hari ini, besok bertambah lagi,” pungkas Ambo.

ACP

Comment