Ini Alasan Gubernur Sulsel Copot Lutfi Nasir dari Kepala Inspektorat Sulsel

BERITA.NEWS, Makassar – Pencopotan Lutfi Nasir dari Kepala Inspektorat Sulsel terus menuai sorotan dan pertanyaan publik alasan Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah secara tiba-tiba pada hari pertama kerja pasca idul Fitri langsung mengeluarkan SK Pencopotan jabatan.

Melalui Staf Khusus Gubernur Sulsel, Bunyamin Arsyad secara detail mengurai membeberkan alasan pimpinannya itu, tegas mengambil kebijakan copot jabatan Kepala Inspektorat Lutfi Nasir, bahkan terancam akan di nonjobkan.

Pria yang akrab disapa Om Ben itu menyampaikan ada beberapa alasan kuat Gubernur Sulsel melakukan tindakan tersebut, seperti keluhan para auditor atau tim audit merasa tidak maskimalnya kinerja dari inspektorat.

“Makanya bapak Gubernur melakukan itu untuk stabilkan keadaan di inspektorat, karena resah semua orang di dalam, nah kita tidak mau mereka ini resah, akhirnya nanti mereka anggap pemerintah ini lemah karena tidak bisa memperbaiki inspektorat, karena inspektorat itu jantungnya pemerintahan,” ujar mantan jurnalis senior itu.

Alasannya lainnya, kata Om Ben selama 9 bulan masa jabatan Nurdin Abdullah bersama wakil gubernur Andi Sudirman Sulaiman tidak ada satupun laporan langsung dari kepala inspektorat soal perkembangan pemerintahan, seperti evaluasi pengadaan barang dan jasa.

“Ini sekalipun selama 9 bulan tidak pernah. Nah inikan ada sebuah komunikasi yang tidak jalan, makanya bapak Gubernur mengambil sikap supaya semua orang tahu. Selama 9 bulan bapak Gubernur selalu mengeluh, ini kok inspektorat ini tidak ada koordinasi sama sekali,” pungkasnya.

Khaerul