ASN Sulsel Dituntut Tingkatkan Kualitas Ekraf Pariwisata

Pelatihan Kepariwisataan ASN Sulsel oleh Kemenparekraf RI dan Disbudpar Sulsel (Ist)

BERITA.NEWS,Toraja– Aparatur Sipil Negara (ASN) di Sulsel mendapat tuntutan peningkatan kualitas bidang ekonomi kreatif (ekraf), khususnya kepariwisataan. Rabu (19/10/2022).

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI bersama Dinas Kebudayaan dan Kepariwisataan Sulsel melakukan pelatihan kepada para ASN bidang tersebut.

Pelatihan Gerakan Usaha Kreatif Bagi Para Aparatur Sipil Negara ini berlangsung tiga hari 19-21 Oktober 2022 di Misliana Hotel Toraja.

Sekretaris Disbudpar Sulsel, Devo Khadafie menilai upaya peningkatan ekonomi kreatif ini perlu dukungan pemerintah mewujudkan kualitas ASN.

“Kegiatan ini merupakan wujud pembinaan dan keseriusan Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dalam rangka meningkatkan kualitas ASN

Baca Juga :  Pemprov Sulsel Serahkan Rp500 Juta untuk Korban Gempa di Cianjur

yang akan membantu menggerakkan ekonomi kreatif di daerah masing-masing. Khussusnya di kabupaten kota di sulsel,” ucapnya.

Menurut Devo, pemilihan Toraja sebagai lokasi pelatihan melihat potensi usaha kerajinan sangat kental di sana.

Baca Juga: Event Daerah di Sulsel Akan Pakai Standar Seragam Kemenparekraf RI

“Karena toraja merupakan destinasi wisata utama di sulsel dan terkenal sebagai sebuah daerah dengan kerajinan yang sangat kuat tradisi dan potensinya sangaat besar.

Tambah lagi pada anugerah desa wisata 2021 lalu desa wisata yang ada di Toraja itu mendapatkan penghargaan sebagai salah satu desa pembuat sofenir,” jelasnya.

Baca Juga :  Disbudpar Provinsi Gelar Workshop Pelaku Ekonomi Sektor Kriya

Olehnya itu, ia berharap melalui kegiatan ini para ASN di Sulsel bisa mengahadirkan inovasi ekonomi kreatif di sektor pariwisata.

“Berharap bisa maksimalkaan menjadi sebuah sektor pariwisata yang menjanjikaan di masa mendatang. Khususnya kita di sulsel itu seperti kukiner, kriya, dan fhasion,” tutupnya.