Danny Tolak Desain Kereta Api di Makassar, Jika Tidak Elevated

BERITA.NEWS,Makassar– Wali Kota Mohammad Ramadhan ‘Danny’ Pomanto tegas menolak desain kereta api di Kota Makassar yang tidak elevated.

Danny mengatakan desain rel kereta api saat ini telah melenceng dengan komitmen awal dari elevated ke at grade. Hal itu tidak sesuai dengan Tata Ruang Kota Makassar.

“Jadi tidak benar kalau ada yang katakan pemkot dan DPRD tidak mendukung kereta api. Sejak awal elevated kami sudah siapkan di tata ruang. Sudah kami bahas 10 tahun lalu,” ucapnya di Kantor DPRD Makassar. Senin (18/7/2022).

Menurut Danny, sejak awal pihaknya mendukung pembangunan Kereta Api Parepare- Makassar. Ia menuding Balai sengaja tidak melibatkan Pemkot untuk penetapan desain tersebut.

“Saya lihat ini Balai main politik. Yang kami tolak ini desain kereta api yang tidak ada amdal, tidak elevated. Kami tidak di libatkan.
Dia (Balai) langgar tata ruang kalau tidak libatkan elevated,” tegasnya.

“Ini jalan kereta api, sudah sesuaikan dengan jalan arteri kami. Kenapa elevated karena di rapat sudah di setuj i tapi kenapa di ubah. Ada oknum yang ubah.  Kenapa di Bandung, Palembang, elevated kok kenapa Makassar tidak,” ujarnya.

Lebih lanjut,  Danny menegaskan Pemkot Makassar sama sekali tidak menolak keberadaan Kereta Api, hanya soal putusan desain yang tidak sesuai.  Potensi rugikan masyarakat.

“Jadi tidak benar kalau ada opini bahwa kereta api ditolak pemerintah kota Makassar. Malahan kami mendukung,” pungkasnya.