Dinas PUPR Luwu Aspal Jalan Desa Pattedong Selatan

Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Luwu telah menyelesaikan hampir seluruh kontrak pekerjaan pengaspalan jalan tahun anggaran 2021.

BERITA.NEWS, Luwu – Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Luwu telah menyelesaikan hampir seluruh kontrak pekerjaan pengaspalan jalan tahun anggaran 2021.

Kontrak tersebut baik yang bersumber dari Anggaran Dana Alokasi Khusus (DAK), Dana Alokasi Umum (DAU), maupun Dana Insentif Daerah (DID).

Salah satu ruas jalan yang diaspal melalui anggaran DAU adalah ruas dalam Desa Pattedong Selatan, Kecamatan Ponrang Selatan.

Ruas yang menjadi akses penghubung antara Desa Pattedong Selatan dengan Desa To’balo tersebut telah “dihitamkan” dengan aspal jenis AC-WC sepanjang 713 meter.

Kepala Dinas PUPR Luwu, Ir. Ikhsan Asaad, melalui PPK Kegiatan Rehabilitasi Jalan, Chalid M, menjelaskan untuk tahun 2021 salah satu ruas jalan yang mendapat jatah anggaran pengaspalan adalah desa Pattedong Selatan sebesar Rp 1 miliar

Chalid menambahkan, untuk tahun 2021 sebanyak sembilan ruas menjadi tanggung jawabnya. Enam ruas bersumber dari anggaran DAU dan tiga melalui DID. Dari sembilan ruas itu, enam ruas sudah selesai.

Baca Juga :  Dinas PUPR Luwu Benahi Sejumlah Ruas Jalan Alternatif

“Dari sembilan ruas tersebut, tersisa tiga ruas lagi yang berada di wilayah Walmas yang belum selesai. Semuanya adalah aspal dari anggaran DAU,” sambungnya.

Namun dirinya optimis, setelah pengaspalan dalam Desa Pattedong Selatan ini tuntas, segera akan melanjutkan sisa pekerjaan ruas yang ada.

Sementara anggota DPRD Luwu dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Sulaeman Ishak yang turut mengawasi langsung proses pelaksanaan pekerjaan di Pattedong Selatan sangat mengapresiasi pemerintah daerah.

Atas nama masyarakat Ponrang Selatan, dirinya menyampaikan penghargaan kepada Bupati Luwu, H. Basmin Mattayang melalui Dinas PUPR.

“Ini wujud perhatian besar bapak Bupati untuk kita masyarakat khususnya di wilayah Kecamatan Ponrang Selatan,” kata Sulaeman saat berkunjung ke lokasi pekerjaan.

Baca Juga :  Bupati Luwu Terima Dua Penghargaan Bidang Kesehatan

Menurut Sulaeman Ishak, pengaspalan ini adalah ruas keempat selama kepemimpinan kedua Bupati Basmin.

Sebelumnya, Dinas PUPR juga telah mengaspal tiga ruas, masing-masing ruas Olang-Bassiang, ruas Bhakti-Lampuara dan ruas Bassiang-Passampa Desa Bassiang Timur.

Sulaeman Ishak menambahkan, besar anggaran untuk kegiatan pengaspalan jalan selama tiga tahun terakhir di wilayah Ponrang Selatan telah mencapai hampir Rp.15 miliar.

Dirinya juga berjanji untuk terus memperjuangkan bersama anggota legislatif lainnya terkait kelanjutan peningkatan ruas jalan yang belum tersentuh anggaran.

  • Muh Asri