Jepara Target Vaksinasi COVID-19 Mencapai 70 Persen pada Akhir Tahun

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Jepara Hartaya menargetkan vaksinasi COVID-19 mencapai 70 persen pada akhir tahun 2021.

BERITA.NEWS, Jepara – Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Jepara Hartaya meminta Forum Gerakan Masyarakat (Germas) ikut mendukung upaya pencegahan Covid-19 di Kabupaten Jepara, Jawa Tengah.

Bukan hanya itu, Germas juga diharapkan ikut berperan mengajak masyarakat melaksanakan percepatan vaksinasi yang sedang digalakkan pemerintah.

Hal itu dikatakan Hartaya saat workshop pemantapan Forum Germas Kabupaten Jepara, di Hotel D’Season, Bandengan, Kamis (11/11/2021).

Hartaya mengatakan bahwa diperlukan harmonisasi seluruh mitra kesehatan dalam mendukung pencegahan dan penanganan Covid-19.

“Hingga 10 November 2021, masih ada lima kasus Covid-19 di Jepara. Namun pandemi tidak bisa diprediksi. Karena itu, jangan bosan tingkatkan imun dan aktivitas fisik,” harap Hartaya.

Baca Juga :  Seekor Bayi Gajah Jantan Lahir di TNTN Pelalawan

Hartaya juga memberi apresiasi kepada Dinas Kesehatan yang telah bekerja keras mengejar vaksinasi. Sehingga, Jepara sudah mendekati capaian untuk dapat masuk ke Level 2 PPKM Jawa-Bali.

Hingga Selasa (9/11/2021), dari 922.450 target sasaran vaksin dosis satu, telah tercapai 443.870 orang (48,41 persen). Untuk dosis satu lansia dari target 99.211 orang tercapai 38.895 (39,02 persen).

“Saya berharap, ritme ini dapat terus terjaga dan ditingkatkan. Harapannya, tidak hanya mengejar level 2, tapi akhir tahun 2021 target vaksinasi nasional 2021, sebesar 70 persen untuk membentuk kekebalan kelompok di Jepara dapat tercapai,” ujar Hartaya.

Baca Juga :  Genjot Vaksinasi, Begini Yang Dilakukan Kecamatan Lilirilau Soppeng

Untuk itu, lanjutnya, diperlukan kolektivitas dan sinergitas seluruh anggota forum Germas. Upaya preventif dan promotif dalam menumbuhkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) harus diterima di masyarakat, karena salah satu yang mendukung penerapan protokol kesehatan (prokes).

Masyarakat harus selalu diimbau untuk tetap menerapkan protokol kesehatan dan juga ikut vaksinasi.

Menurutnya, komitmen ini harus terjaga agar mewujudkan Jepara sehat.

  • Yon