Babinsa Gelar Komsos, Imbau Warga Waspadai Demam Berdarah dan Tetap Terapkan Prokes

Seorang petugas Babinsa Koramil 12/Mranggen Kodim 0716/Demak saat mengunjungi warga guna mensosialisasikan hidup bersih dan menerapkan protokol kesehatan pada Senin (8/11/2021).

BERITA.NEWS, Demak – Petugas Babinsa dari Kodim 0716/Demak terus melakukan komunikasi sosial (komsos) ke masayrakat. Selain mengimbau untuk mewaspadai demam berdarah, juga meminta masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan (prokes) guna mencegah penularan COVID-19.

Kali ini, Babinsa Koramil 12/Mranggen Kodim 0716/Demak Sertu Saswito mengunjungi warga Desa Jamus, Kecamatan Mranggen, Kabupaten Demak, Jawa Tengah.

Dalam kegiatan komunikasi sosial ini, Sertu Saswito memberikan imbauan kepada masyarakat agar mewaspadai demam berdarah di musim penghujan seperti saat ini. Dia mengunjungi rumah warga setempat pada Senin (8/11/2021).

Sertu Saswito menjelaskan bahwa saat ini sudah memasuki musim penghujan, supaya warga waspada akan potensi terjadinya bencana alam, seperti banjir. Selain itu, juga warga diminta mewaspadai penyakit demam berdarah.

“Kami mengimbau agar masyarakat mewaspadai penyakit demam berdarah yang perkembangbiakannya pada musim penghujan di genangan air,” kata Sertu Saswito.

Baca Juga :  Kapolres Sinjai Sasar Warga Tellulimpoe Beri Bantuan dan Ajak Sukseskan Vaksinasi

Untuk itu, dirinya meminta warga agar seminggu sekali melaksanakan kerja bakti pembersihan lingkungan.

Sertu Saswito cerita bahwa cara yang paling mudah, efektif dan efisien menghindari demam berdarah adalah dengan pemberantasan sarang nyamuk (PSN) plus dengan 3M.

3M itu adalah Menguras bak mandi dan tempat-tempat penampungan air 2 kali seminggu, Menutup tempat-tempat penampungan air, dan Mengubur barang bekas sehingga tidak bisa menjadi tempat berkembangbiaknya nyamuk.

“Bisa juga dengan memakai kelambu saat tidur, memakai lotion anti nyamuk, menumbuk serai dan airnya bisa disemprotkan, membersihkan lingkungan got-got yang mampet dan lainnya,” jelasnya.

Dirinya juga terus mengimbau masyarakat untuk tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes) dengan ketat karena pandemi COVID-19 belum berakhir, seperti memakai masker, rajin mencuci tangan, menjaga jarak, dan juga menghindari kerumunan.

Sementara itu, Danramil 12/Mranggen Kapten Arm Sukartiyo mengatakan saat ini pandemi COVID-19 masih belum berakhir. Ditambah juga dengan musim hujan yang berpotensi dapat menimbulkan berbagai macam penyakit.

Baca Juga :  Sandiaga Uno Ingin Jadikan Bantaeng Mitra Wisata Kemenparekraf

Karena itu, kesehatan harus diutamakan dengan menerapkan prilaku hidup bersih dan juga tetap menerapkan protokol kesehatan.

Diantara perilaku hidup bersih yang harus diterapkan saat musim hujan adalah menjaga lingkungan agar tetap bersih dari genangan air dan tumpukan sampah.

Sedangkan untuk mencegah penularan COVID-19, kata Danramil, wajib mematuhi Standar Operasional Prosedur (SOP) protokol kesehatan, diantaranya memakai masker, mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak, serta menghindari kerumunan.

“Mari terapkan prilaku hidup bersih dan jangan lupa selalu gunakan masker,” imbau Danramil Mranggen.

  • Yon