Forkopimda Demak Tinjau Vaksinasi Massal dan Cek Ketersediaan Oksigen Medis

Bupati Demak Eisti'anah, Komandan Kodim 0716/Demak Letkol Arh Mohamad Ufiz, dan Kapolres Demak AKBP Andhika Bayu Adittama, saat meninjau RSUD Sultan Fatah Karangawen Demak, Selasa (13/7/2021).

BERITA.NEWS, Demak – Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Demak meninjau langsung pelaksanaan vaksinasi massal terpusat di RSUD Sultan Fatah Karangawen Demak, Selasa (13/7/2021).

Selain mengecek proses vaksinasi, rombongan Forkopimda juga mengecek ketersediaan oksigen medis yang tersedia di ruang IPPRS rumah sakit.

Rombongan Forkopimda itu terdiri dari Bupati Demak Eisti’anah, Komandan Kodim 0716/Demak Letkol Arh Mohamad Ufiz, Kapolres Demak AKBP Andhika Bayu Adittama, Ketua DPRD Demak H Fahrudin Bisri Slamet, dan Wakil Bupati Demak KH Ali Makhsun.

Bupati Demak Eisti’anah mengatakan bahwa peninjauan vaksinasi oleh jajaran Forkopimda dalam rangka memastikan proses vaksinasi berjalan aman dan lancar.

Dengan pemantauan yang ketat, sehingga setiap ada kendala di lapangan dapat langsung diantisipasi dan diatasi.

Menurutnya, antusias warga masyarakat untuk vaksin masih kurang. Hal ini dapat dilihat dari sedikitnya warga yang datang ke pos vaksin untuk menerima vaksinasi.

Baca Juga :  Pusjarah Mabes Polri Kunjungi Tempat Sejarah di Sulsel

“Harapan kami, para petugas di lapangan, Pemdes, RT, RW, Satgas Covid, Babinsa dan Bhabinkamtibmas gencar sosialisasi kepada warga masyarakat, sehingga target vaksinasi dapat terpenuhi,” kata Eisti.

Sementara Komandan Kodim 0716/Demak Letkol Arh Mohamad Ufiz menyampaikan, selain meninjau langsung proses pelaksanaan vaksinasi di Centra Vaksinasi RSUD Sultan Fatah, Forkopimda juga mengecek ketersediaan oksigen di ruang IPPRS RSUD Sultan Fatah.

Pengecekan ini guna mengantisipasi kemungkinan terburuk lonjakan pasien Covid-19 di wilayah Kabupaten Demak, karena diketahui kebutuhan tabung oksigen medis meningkat berlipat-lipat. Sehingga dengan stok oksigen medis di RSUD Sultan Fatah yang cukup, pasien tidak khawatir kekurangan oksigen.

Berkaca dari beberapa kota di Jawa Tengah, kebutuhan oksigen medis menjadi sangat vital saat melonjaknya kasus pasien Covid-19. Tidak sedikit rumah sakit yang dibuat kewalahan karena tidak mampu lagi menyediakan oksigen.

Sehingga dengan pengecekan langsung, kendala terkait ketersedian oksigen medis dapat diantisipasi.

Baca Juga :  PPKM Berakhir Hari Ini, Ganjar: Kita Tunggu Pemerintah Pusat

Dandim pun mengimbau masyarakat untuk selalu mematuhi protokol kesehatan, seperti memakai masker, rajin mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan, dan mengurangi mobilitas.

“Saya minta tolong, semuanya tetap jaga protokol kesehatan, dimanapun dan kapanpun, demi kesehatan teman-teman sendiri dan keluarga. Lebih enak hirup oksigen langsung dari udara bebas ketimbang dari tabung. Ya kan?” kata Dandim.

Selain meninjau proses vaksinasi dan ketersediaan tabung oksigen medis, Forkopimda juga meninjau Laboratorium Biomolekuler yang terletak di lantai 3 rumah sakit.

Selesai melakukan peninjauan di RSUD Sultan Fatah, Forkopimda Kabupaten Demak melanjutkan peninjauan vaksinasi di Desa Sidokumpul, Kecamatan Guntur.

  • Yon