16 Besar Euro 2020: Jerman Lawan Inggris, Portugal Ladeni Belgia

Ilustrasi bagan babak 16 besar Euro 2020 yang mulai dijadwalkan berlangsung 26 s.d. 30 Juni 2021. (ANTARA/Gilang Galiartha)

BERITA.NEWS, Jakarta – Empat tim yang sebelum turnamen Euro 2020 dimainkan dianggap sebagai unggulan yakni Belgia, Inggris, Jerman dan Portugal dipertemukan dalam babak 16 besar selepas seluruh rangkaian fase penyisihan grup rampung dimainkan pada Kamis dini hari WIB.

Berikut daftar pertandingan dan jadwal 16 besar Euro 2020:

Wales vs Denmark @ Amsterdam (26 Juni 23.00 WIB)

Wales lolos ke babak 16 besar sebagai runner-up Grup A dengan raihan empat poin kendati di laga terakhirnya menelan kekalahan 0-1 melawan Italia.

Denmark seolah disemangati insiden kolapsnya Christian Eriksen di laga pembuka Grup B dan mampu meloloskan diri sebagai runner-up berkat kemenangan heroik kontra Rusia di laga pemungkas.

Pertandingan Wales vs Denmark akan membuka rangkaian babak 16 besar di Stadion Johan Cruijff Arena, Amsterdam, pada Sabtu (26/6) pukul 23.00 WIB.

Kedua tim 10 kali bertemu sepanjang sejarah di mana Wales cuma empat kali menang dan enam kali menjadi milik Denmark, termasuk dua pertemuan terakhir di UEFA Nations League 2018/19.

Italia vs Austria @ London (27 Juni 02.00 WIB)

Italia merupakan tim pertama yang lolos ke babak 16 besar dan mereka menyempurnakannya dengan menyapu bersih Grup A seusai menundukkan Wales 1-0.

Austria mencetak sejarah ketika mengalahkan Ukraina dan untuk pertama kalinya lolos ke babak gugur Euro, sebagai runner-up Grup C dengan raihan enam poin.

Pertandingan Italia vs Austria akan menjadi satu dari dua laga 16 besar Euro 2020 yang dimainkan di London dan dijadwalkan sepak mula pada Minggu (27/6) pukul 02.00 WIB.

Selain karena berstatus unggulan turnamen, Italia juga punya bekal catatan nirkalah kontra Austria dalam 13 pertemuan terakhir yang 10 di antaranya mereka menangi.

Belanda vs Republik Ceko @ Budhapest (27 Juni 23.00 WIB)

Belanda lolos ke babak 16 besar sebagai juara Grup C dan merupakan tim paling produktif dalam babak penyisihan dengan koleksi delapan gol, serta untuk ketiga kalinya sepanjang sejarah menyapu bersih fase grup Euro setelah edisi 2000 dan 2008.

Ceko patut kecewa pada akhirnya hanya lolos ke babak 16 besar sebagai peringkat ketiga Grup C lantaran di laga pemungkas kalah 0-1 melawan Inggris dan di laga lain Kroasia menyalip mereka berbekal kemenangan 3-1 atas Skotlandia.

Baca Juga :  Dani Carvajal Perpanjang Kontrak di Real Madrid hingga 2025

Pertandingan Belanda vs Ceko akan dimainkan di Puskas Arena, Budhapest, pada Minggu (27/6) pukul 23.000 WIB.

Ceko boleh jadi tidak lebih diunggulkan dibandingkan Belanda, tapi catatan pertemuan kedua tim mereka punya keunggulan yakni lima kali menang, tiga kali imbang dan tiga kali kalah. Dua pertemuan terakhir bahkan dimenangi oleh Ceko dalam fase kualifikasi Euro 2016, yang turut bertanggung jawab membuat Belanda absen dari babak utama.

Belgia vs Portugal @ Sevilla (28 Juni 02.00 WIB)

Belgia merupakan satu dari tiga tim yang bisa menyapu bersih kemenangan fase grup dan lolos sebagai juara Grup B setelah mematahkan hati tim debutan turnamen Finlandia di laga terakhir.

Portugal untuk dua edisi beruntun kembali lolos ke babak 16 besar berstatus salah satu dari empat peringkat ketiga terbaik fase penyisihan grup setelah menempati posisi ketiga Grup F yang disebut-sebut grup neraka.

Laga Belgia vs Portugal adalah pertandingan antara tim peringkat pertama FIFA dan juara bertahan Euro yang dijadwalkan berlangsung di Stadion La Cartuja, Sevilla, pada Senin (28/6) pukul 02.00 WIB.

Belgia tak terkalahkan melawan Portugal dalam lima pertemuan terakhir termasuk memenangi tiga di antaranya.

Kroasia vs Spanyol @ Kopenhagen (28 Juni 23.00 WIB)

Kroasia membuktikan status runner-up Piala Dunia 2018 bukanlah kebetulan dengan mengalahkan Skotlandia 3-1 di laga terakhir Grup D untuk lolos sebagai runner-up.

Spanyol yang mengawali petualangan di Grup E dengan dua hasil imbang seolah membuka keran golnya di laga terakhir untuk melumat habis Slovakia 5-0 dan lolos sebagai runner-up.

Kroasia vs Spanyol akan dimainkan di Stadion Parken, Kopenhagen, pada Senin (28/6) mulai pukul 23.00 WIB.

Kedua tim terakhir kali bertemu di UEFA Nations League 2018/19, di mana Spanyol memenangi pertandingan pertama dengan skor telak 6-0 sebelum Kroasia membalas dengan “hanya” 3-2.

Prancis vs Swiss @ Bucharest (29 Juni 02.00 WIB)

Prancis lolos sebagai juara Grup F dengan hasil yang relatif tidak superior hanya meraih lima poin, hanya tiga tahun setelah menjuarai Piala Dunia 2018.

Swiss merupakan tim pertama yang lolos melalui jalur peringkat ketiga terbaik penyisihan grup dengan raihan empat poin dan selisih gol defisit satu di Grup A.

Baca Juga :  Piala Super UEFA Boleh Ditonton Langsung 13 Ribu Penonton

Prancis dan Swiss akan terbang ke Bucharest, Romania, untuk memainkan pertandingan mereka di Stadion Nationala Arena pada Selasa (29/6) mulai pukul 02.00 WIB.

Lima tahun lalu kedua tim bertemu di Grup A Euro 2016 dan berbagi satu poin setelah imbang 0-0, tapi Prancis sudah hampir tiga dasawarsa tidak pernah kalah melawan Swiss. Terakhir kali terjadi pada 1992 dalam laga persahabatan yang dimenangi Swiss 2-1.

Inggris vs Jerman @ London (29 Juni 23.00 WIB)

Lolos sebagai juara Grup D, Inggris adalah tim yang produktivitas golnya paling minimalis di antara tim-tim juara grup lainnya, yakni hanya dua gol saja.

Jerman lolos sebagai runner-up Grup F setelah nyaris dikejutkan oleh Hongaria dan akhirnya bisa mengimbangi lawannya itu dengan skor 2-2 di laga pemungkas.

Inggris jelas diunggulkan karena mereka akan menjamu Jerman di Wembley, London, pada Selasa (29/6) pukul 23.00 WIB, dan lawannya besar kemungkinan tanpa suporter karena regulasi terkait COVID-19 mengharuskan pendatang menjalani karantina 10 hari setibanya di Inggris.

Jerman adalah sumber kekecewaan Inggris di turnamen-turnamen bergengsi dari tahun ke tahun, termasuk saat kalah adu penalti dalam semifinal Euro 1996 yang juga dimainkan di Wembley saat itu.

Swedia vs Ukraina @ Glasgow (30 Juni 02.00 WIB)

Swedia lolos ke babak 16 besar sebagai juara Grup E setelah kemenangan dramatis 3-2 atas Polandia yang menyusul keberhasilan mereka mengimbangi tim unggulan Spanyol di laga pertama.

Ukraina adalah salah satu tim yang memanfaatkan jalur peringkat ketiga terbaik untuk lolos ke 16 besar kendati hanya meraih tiga poin dan defisit satu gol di Grup C.

Swedia vs Ukraina akan dimainkan di Hampden Park, Glasgow, pada Rabu (30/6) mulai pukul 02.00 WIB.

Kedua tim hanya pernah bertemu empat kali sepanjang sejarah dan Swedia kalah tiga kali, termasuk dalam babak penyisihan grup di Euro 2012.

  • ANTARA