Luwu 6 Kali Raih WTP, Basmin: Wujud Sinergitas Pemkab dan DPRD

BERITA.NEWS, Luwu – Bupati Luwu, Basmin Mattayang, menyampaikan apresiasi kepada bawahannya, jajaran OPD lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Luwu, terkhusus Badan Pengelola Keuangan Daerah (BPKD) Luwu.

Apresiasi ini disampaikan Bupati Luwu di rumah jabatannya, Jumat (21/5) siang.

Menurut Bupati Luwu dua periode ini, Pemkab Luwu 6 kali meraih opini wajar tanpa pengecualian (WTP) berturut-turut tidak lepas dari kerja keras BPKD.

“WTP ini tentu wujud dari sinergitas kerja antara pemerintah daerah dengan DPRD yang memiliki hak budgeting, dan yang tidak kalah pentingnya adalah kerja keras BPKD atau Dinas Pengelolaan Keuangan sebagai ujung tombak di dalam pemegang mandat mengelola keuangan di Kabupaten Luwu,” ujarnya.

“Sehingga alhamdulillah, dengan kerja keras mereka itu (BPKD), yang setiap saat saya wanti-wanti, saya awasi bersama Pak Sekda, dan alhamdulillah dengan pengawasan melekat mereka bisa melaksanakan tugas dengan baik,” lanjutnya.

Baca Juga :  PSC 119 Luwu Gelar Sunatan Massal di Bassiang Timur

Untuk diketahui, Pemkab Luwu menerima Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Provinsi Sulsel, secara virtual, Jumat siang tadi.

Hasil pemeriksaan keuangan tahun anggaran 2020, BPK memberikan opini WTP.

Menurut Kepala BPK Perwakilan Sulsel, Wahyu Priyono, raihan WTP ini adalah yang keenam kalinya sejak tahun 2015 secara berturut-turut hingga tahun 2020.

“Kita bersyukur kepada Allah SWT atas nikmati sehingga sampai hari ini kita masih mengikuti beberapa kegiatan. Terkhusus hari ini adalah penyerahan LHP dari BPK provinsi kepada beberapa daerah termasuk Pemkab Luwu. Dalam kaitan dengan itu kita bersyukur kepada Allah SWT karena tahun ini adalah tahun ke-6 kalinya kita meraih WTP,” kata Basmin Mattayang.

Dia berharap, hasil yang diraih saat ini bisa ditingkatkan pada masa yang akan datang. “Bukan cuma mempertahankan tetapi lebih meningkatkan lagi karena mempertahankan itu susah dan meningkatkan juga itu lebih susah lagi,” harapnya.

Baca Juga :  Kunjungi Sekolah Budaya Luwu, Begini Pesan Datu Luwu

Penerimaan hasil pemeriksaan BPK tahun anggaran 2020 di Aula Rujab Bupati Luwu ini dihadiri langsung Bupati Luwu Basmin Mattayang, didampingi Wakil Ketua DPRD Luwu Zulkifli, Pj Sekda Luwu Sulaiman, Kepala BPD Moch Arsal Arsyad, dan Kepala Inspektorat Andi Palanggi.

Kepala BPKD, Moch Arsal kepada BERITA.NEWS menjelaskan, meski Kabupaten Luwu mendapat opini WTP dalam hasil pemeriksaan keuangan daerah tahun anggaran 2020, namun bukan berarti tidak ada pekerjaan rumah yang diberikan BPK.

  • Muh Asri