Curah Hujan Tinggi, Rumah Warga di Sinjai Tertimpa Longsor

Salah satu rumah warga yang tertimpa tanah longsor di Dusun Talise, Desa Pattongko, Kecamatan Tellulimpoe, Kabupaten Sinjai, Kamis (20/5/2021).

BERITA.NEWS, Sinjai – Longsor terjadi di Dusun Talise, Desa Pattongko, Kecamatan Tellulimpoe, Kabupaten Sinjai akibat curah hujan yang cukup tinggi. Satu rumah milik Abd Wahab rusak setelah tertimpa material longsoran.

Peristiwa tanah longsor tersebut terjadi sekira pukul 06:00 Wita, Kamis (20/5/2021).

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sinjai, melalui Kepala Seksi Pencegahan BPBD Sinjai Andi Ocktave Amier, yang dikonfirmasi, mengatakan, penyebabnya diduga karena curah hujan tinggi dan permukaan tanah yang gembur dan mudah menyerap air membuat lereng menjadi labil hingga terjadi pergerakan tanah.

“Letak rumah korban longsor memang berada di tepi atau lereng gunung,” ungkapnya.

Dikatakannya bahwa tidak hanya meterial longsor tapi juga batu besar ikut menimpa rumah korban ada bagian belakang atau dapur rumah.

Baca Juga :  Sambut Hari Bhayangkara ke 75, Polres Bone Anjangsana di Tiga Lokasi

“Rusak berat pada bagian dapur dan merusak seluruh perlengkapan dan peralatan dapur,” sambungnya.

Upaya yang kini tengah dilakukan BPBD Sinjai adalah melakukan koordinasi dengan pihak terkait untuk langkah selanjutnya sesuai instruksi Bupati Sinjai Andi Seto Gadhista Asapa karena lokasi longsor berada dekat dengan jalan.

“Sesuai perintah Pak Bupati, rencana kita turunkan alat berat untuk membersihkan material berupa batu sekaligus mengantisipasi terjadinya longsor susulan dan membahayakan pengguna jalan,” tandasnya.

Pihaknya juga mengupayakan relokasi korban karena menurut informasi kejadian ini sudah berulang.

“Kita mengimbau masyarakat untuk mengungsi karena lokasinya memang rawan longsor,” jelasnya.

Baca Juga :  Perintah Kapolri, Polres Toraja "Sapu Bersih" 17 Preman

Selain di Tellulimpoe, bencana tanah longsor juga terjadi di Dusun Jahung-jahung kecamatan Sinjai Timur sekira pukul 02:00 WITA dini hari.

Dampaknya, material longsor berupa tanah yang menimpa 1 unit rumah sehingga megalami rusak berat pada bagian dinding, lantai, ruang dapur, perlengkapan rumah dan peralatan dapur.

Kendati demikian, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut baik di Desa Pattongko, Kecamatan Tellulimpoe maupun di Desa Sanjai.

  • Sulfikar