Plt Gubernur Temui Kontraktor Proyek Dana PEN Pemprov Sulsel, Tegaskan Target Ini

Plt Gubernur Andi Sudirman Sulaiman (Dok)

BERITA.NEWS, Makassar – Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman melakukan pertemuan khusus dengan para kontraktor atau rekanan yang mengerjakan proyek Pemprov, dan menegaskan penyelesaian pengerjaan harus di bulan Mei.

Keharusan itu, kata Andi Sudirman karena anggaran yang digunakan untuk proyek-proyek itu memakai dana Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) dari Pemerintah Pusat. Sehingga, dipertegas bisa terserap maksimal hingga akhir Mei 2021.

Secara khusus, Plt Gubernur Andi Sudirman meminta agar para rekanan bisa menyelesaikan segera proyek yang masa pengerjaannya akan berakhir pada Bulan Mei 2021 ini. Sehingga juga bisa dirasakan masyarakat yang menjadi pekerja di proyek tersebut.

Baca Juga :  Tekan Angka Pengangguran, PKK Sulsel - PT Pos Indonesia Siapkan Lapangan Kerja

“Dana PEN ini betul-betul untuk pemulihan ekonomi yang menyentuh sektor infrastruktur, menyerap tenaga kerja, serta stimulan bagi pengusaha serta sektor irigasi untuk pertanian kita sebagai andalan lumbung pangan nasional,” ujarnya.

Selain itu, Ia meminta agar para kontraktor supaya rutin melakukan penagihan kepada Pemprov agar progres serapan anggaran dan realisasi fisik bisa seimbang. Olehnya itu, akan dilakukan adendum dengan rekanan supaya proses pencairan bisa dilakukan kapan saja.

“Saya sudah perintahkan Kadis PUTR agar ada adendum khusus untuk termin pembayaran bisa setiap saat kepada kami. Proyek PEN ini serapannya dipercepat. Jadi sudah bisa dicairkan setiap hari, jika berkas proseduralnya memenuhi persyaratan, dan diakui progres fisiknya, kita langsung cairkan,” tegasnya.

Baca Juga :  Terima Bupati Wajo, Plt Gubernur Sulsel Bahas PI Hingga Rencana Kunjungan Presiden Jokowi

Andi Sudirman mengatakan, dalam dana PEN ini diprioritaskan untuk pembangunan infrastruktur jalan, irigasi, dan jembatan.

“Karena ini menyentuh kehidupan banyak orang. Apalagi irigasi akan bermanfaat untuk para petani kita dalam menjaga pangan kita,” pungkasnya.

  • Andi Khaerul