Gunakan Drone dan CCTV, Kompolnas Apresiasi Operasi Ketupat Polda Banten

Komisioner Kompolnas Pudji Hartanto saat memimpin pemantauan pos penyekatan pemudik di Pulomerak, Kota Cilegon, Banten, Kamis (6/5/2021).

BERITA.NEWS, Banten – Komisioner Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) Irjen Purn Pudji Hartanto mengapresiasi Kepolisian Daerah (Polda) Banteng dalam pelaksanaan Operasi Ketupat 2021.

Selain menerjunkan personel kepolisian, Polda Banten menggunakan teknologi kamera pemantau atau CCTV dan drone pada aktivitas bongkar muat maupun pemeriksaan di areal Pelabuhan Merak.

Pudji Hartanto mengatakan bahwa Kapolda Banten sudah melakukan Ops Ketupat Lebaran 2021 dengan management by disgn.

“Tergambar dimulai dari perencanaan pengorganisasian pelaksanaan pengawasan dan pengendalian dilaksanakan secara baik. Hal tersebut nampak situasi landai tidak ada gejolak masyarakat pemudik yang akan menyeberang ke Lampung,” ujar Pudji Hartanto di sela-sela pemantauan pos penyekatan pemudik di Pulomerak, Kota Cilegon, Banten, Kamis (6/5/2021), seperti disampaikan jubir Kompolnas Poengky Indarti.

Kompolnas melakukan monitor dan memantau serta mengawasi giat Ops Ketupat 2021 di wilayah Polda Banten.

Baca Juga :  Kemenkes: 145 Kasus Varian Ganas COVID-19 Menyebar di Indonesia

Komisioner Kompolnas Pudji Hartanto sebagai pimpinan rombongan bersama Moh Dawam dan Poengky Indarti diterima Kapolda Banten Irjen Rudy Heriyanto Adi Nugroho dan Dirlantas Polda Banten Kombes Pol Rudy Purnomo serta Kapolres Cilegon di pos pengamanan lebaran 2021 Polres Cilegon.

“Koordinasi dan komunikasi serta eksekusi yang tepat sangat penting manakala prediksi akan terjadi harus segera bisa diantisipasi, hal tersebut nampaknya sudah dilakukan oleh Kapolda Banten,” ujar Pudji Hartanto.

Menurutnya, dalam tinjaun di lapangan ada beberapa hal yang positif dilakukkan, diantaranya pemanfaatan IT terintegrasi, pos penyekatan berlapis dan teknis pengalihan/ putar balik di lokasi yang tepat (pos gerem).

Selain itu, katanya, adanya buku pintar yang dibagikan kepada anggota Gatur Pos Penyekatan untuk mengantisipasi bila terjadi debat atau komplain dari pemudik.

Kompolnas juga menemukan adanya ketegasan petugas saat menemui adanya orang yang bertugas disertai dengan surat tugas tapi belum dilakukkan ketentuan prokes yaitu belum dirapid tes antigen. Saat itu oleh petugas diwajibkan untuk rapid tes antigen gratis. Bila hasilnya positif Polda Banten pun sudah menyiapkan ruangan untuk karantina.

Baca Juga :  Menpan RB Imbau Instansi Pemerintah Apel Setiap Senin Pagi

Saat akan kembali, Pudji menyampaikan pesan kepada anggota Polri di manapun bertugas agar tetap lakukan tugas melayani masyarakat dengan profesional, semangat.

“Lakukan prokes (protokol kesehatan) secara ketat sehingga sampai dengan tugas selesai tidak ada anggota Polri yang sedang bertugas terpapar Covid-19. Selamat bertugas, sukses selalu,” pungkas Pudji Hartanto.

  • Maulana Karim