Fakultas Farmasi Unhas Lantik 102 Apoteker Baru

BERITA.NEWS, Makassar – Sebanyak 102 apoteker baru Fakultas Farmasi Universitas Hasanuddin (Unhas) dilantik dan pengambilan sumpah di Baruga AP Pettarani Unhas, dengan penerapan protokol Covid-19 dan terhubung secara live melalui kanal Youtube Unhas, Selasa (13/4/2021).

Mengawali kegiatan, Ketua Pengurus Daerah IAI Sulsel Prof. Gemini menyampaikan pentingnya pelantikan dan pengambilan sumpah bagi calon apoteker baru sebelum melaksanakan tugas sebagai pelayan masyarakat.

“Kita berharap para apoteker dari Unhas bisa semakin memperkuat struktur manufaktur kefarmasian dan memiliki sifat kompetitif serta mau berjuang. Untuk dapat bertahan menjalankan praktek kefarmasian, maka kita dituntut untuk profesional, adaptif dan inovatif. Saya berharap, semoga yang dilantik bisa mempelopori praktek kefarmasian secara profesional dan epik,” papar Prof Gemini.

Baca Juga :  Cegah Covid-19, Tim Fakultas Syari'ah dan Ekonomi Islam Unika Bagi-bagi Masker ke Masyarakat

Pada kesempatan yang sama, Prof Subehan mewakili Ketua Komite Farmasi Nasional (KFN) memberikan selamat kepada 102 apoteker baru Unhas. Hal ini menjadi kebanggaan tersendiri bagi apoteker baru dalam memulai peranannya di kehidupan bermasyarakat.

Sebagai Dekan, Prof. Subehan juga menyampaikan harapannya kepada apoteker baru Farmasi Unhar agar terus berkontribusi dalam peningkatan kesehatan masyarakat, utamanya di tengah pandemi, dimana peran segala bidang sangat diperlukan termasuk apoteker.

Selain itu, dia juga mengingatkan agar dapat menjaga nama baik almamater.

“Kegiatan ini menjadi penanda kelayakan dalam memberikan layanan kesehatan pada masyarakat. Saya berharap, profesi tersebut dapat dimanfaatkan dengan baik untuk kepentingan peningkatan kesejahteraan,” tutur Prof Subehan.

Baca Juga :  Basmin Mattayang Berharap Unanda Secepatnya Jadi Universitas Negeri

Dalam proses pelantikan dan pengambilan sumpah, para apoteker memperoleh beberapa dokumen yang menunjang mereka dalam melaksanakan profesinya seperti Sertifikat Kompetensi dan ijazah yang dapat dimanfaatkan untuk digunakan pada bidang keahlian yang dimiliki.

Kegiatan tersebut dihadiri Ketua Prodi Apoteker Farmasi Usmar, S.Si, M.Si., Apt, Ketua Pengurus Daerah Ikatan Apoteker Indonesia (IAI) Sulawesi Selatan Prof. Dr. Gemini Alam, M.Si., Apt, dan para apoteker baru yang akan diambil sumpahnya.

  • Alfiandis