Saksikan Prosesi Mattopang Arajang, Kapolda Sulsel Berharap Budaya Bone Terus Dilestarikan

BERITA.NEWS, Bone – Kapolda Sulsel Irjen Pol Drs. Merdisyam,.M.Si., didampingi Ketua PD Bhayangkari Sulsel Ibu Shanty Merdisyam bersama Kabid Humas Polda Sulsel Kombes Pol. E .Zulpan S.I.K., M.Si., dan beberapa PJU Polda Sulsel menghadiri Peringatan Hari Jadi Kabupaten Bone ke-691 di Rujab Bupati Bone, Rabu (7/4/2021).

Kapolda Sulsel menyaksikan prosesi Mattopang Arajang yang merupakan rangkaian kegiatan dalam rangka memperingati Hari Jadi Bone yang dilaksanakan setiap tahunnya.

Mattompang Arajang adalah ritual adat membersihkan benda-benda pusaka peninggalan kerajaan Bone. Ritual adat yang sakral itu melibatkan para bissu dan pemangku adat Bone.

Selain Kapolda Sulsel, acara Hari Jadi Kabupaten Bone ini juga dihadiri Plt Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman ST, anggota DPR RI Komisi III Andi Rio Idris Meradang, Forkompimda Bone, Bupati Pinrang, Bupati Bulukumba, dan Bupati Soppeng, para tokoh adat, dan masyarakat setempat.

Baca Juga :  Kapolres Parepare Pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Keselamatan 2021

Pantauan BERITA.NEWS, peringatan digelar dengan disiplin protokol kesehatan, sehingga pelaksanakan kegiatan dilakukan dengan serba terbatas di masa pandemi Covid-19.

Dalam hari jadinya yang ke-691, Kabupaten Bone mengangkat tema “YA TUTU YA UPE” YA CAPA YA CILAKA.” Tema ini, merupakan bagian untuk menyemangati publik dengan tetap menjalankan protokol kesehatan di masa pandemi Covid-19 ini.

Sementara itu, Kapolda Sulsel Irjen (Pol) Drs. Merdisyam MSi juga mengucapkan selamat ulang tahun untuk Kabupaten Bone yang ke-691 dan berharap Polri dan Pemda Bone semakin bersinergi dalam mewujudkan keamanan dan ketertiban masyarakat sehingga dapat mewujudkan masyarakat Bone yang aman dan damai.

Kapolda Sulsel juga mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Bone yang telah bersinergi dengan kepolisian guna lebih meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

“Saya harap budaya Bone bisa terus dilestarikan agar jangan sampai hilang oleh zaman, harus dijaga kearifan lokal sebagai bentuk kecintaan kita kepada budaya bangsa. Saya juga mendoakan Kabupaten Bone dapat berkembang dan semakin maju di masa mendatang,” katanya.

Baca Juga :  Dewan Ekonomi Dukung Haji Isam sebagai Pengusaha Pribumi

Sementara itu, Kabid Humas Polda Sulsel Kombes Pol. E .Zulpan S.I.K., M.Si juga menyampaikan harapannya di Hari Jadi Bone ke-691. Dia berharap sinergitas dan kerja sama yang telah terjalin antara Polres Bone dengan Pemerintah Kabupaten Bone semakin solid.

“Ya harapannya pada peringatan Hari Jadi Bone ke-691, Polri dan Pemda semakin solid guna mewujudkan kamtibmas yang kondusif sehingga masyarakat Bone dapat semakin produktif dan sejahtera walaupun di masa pandemi Covid-19 ini,” pungkas Kabid Humas Polda Sulsel.

  • MAULANA KARIM