Liga Inggris: Liverpool Menang di Markas Wolverhampton

Penyerang Liverpool Diogo Jota (kanan) mencetak gol ke gawang Wolverhampton dalam lanjutan Liga Inggris di Stadion Molineux, Wolverhampton, Inggris, Senin (15/3/2021) waktu setempat. ANTARA/REUTERS/POOL/Laurence Griffith.

BERITA.NEWS, Jakarta – Diogo Jota membawa Liverpool menang di markas Wolverhampton seusai gol semata wayang yang ia cetak ke gawang mantan timnya memastikan kemenangan 1-0 bagi The Reds di Stadion Molineux, Wolverhampton, Inggris, Senin waktu setempat (Selasa WIB, 16/3/2021).

Kemenangan itu memelihara asa Liverpool mengejar ketertinggalan dari empat besar klasemen. Tim besutan Juergen Klopp sementara naik ke urutan keenam dengan koleksi 46 poin, hanya tertinggal lima poin dari empat besar.

Sedangkan Wolverhampton (35), yang gagal keluar dari tren nirmenang untuk empat laga beruntun, tertahan di urutan ke-13, demikian catatan laman resmi Liga Inggris.

Babak pertama berjalan cukup berimbang dan tuan rumah memiliki sedikitnya dua peluang bagus untuk memimpin yang mampu diredam oleh kiper Liverpool Alisson Becker dan sentuhan krusial bek tengah Nathaniel Phillips.

Sebaliknya, Sadio Mane membuang dua peluang apik ketika ia gagal menaklukkan kiper Rui Patricio dalam situasi satu lawan satu dan menyundul umpan silang Trent Alexander-Arnold melenceng dari sasaran.

Tepat di pengujung babak pertama, Wolves kembali beroleh peluang apik saat umpan silang Pedro Neto melewati kerumunan pemain di tengah kotak penalti dan jatuh di hadapan Ruben Neves, sayang penyelesaian gelandang Portugal itu melesat di sisi kanan gawang Liverpool

Baca Juga :  Hajar Borussia Dortmund, Man City Hadapi PSG di Semifinal

Pada menit kedua injury time, melalui sentuhan terakhir di babak pertama, Liverpool berhasil merebut keunggulan lewat kombinasi trio lini depan yang diakhiri tembakan Jota, yang seharusnya bisa diantisipasi lebih baik oleh Patricio, demi membawa tim tamu memimpin saat turun minum.

Di babak kedua, lini pertahanan masing-masing mampu meredam upaya serangan satu sama lain hingga Adama Traore berusaha melepaskan tembakan spekulasi dari luar kotak penalti yang sayangnya masih mengarah tepat ke Alisson pada menit ke-73.

Enam menit kemudian pemain pengganti Fabio Silva mampu menyambut umpan silang di tengah kotak penalti, tetapi sundulannya belum cukup mengecoh Alisson.

Pada menit ke-86, Mohamed Salah bisa menyarangkan bola ke gawang Wolverhampton, tetapi gol itu segera dianulir sebab ia sudah berada dalam posisi offside ketika Alex Oxlade-Chamberlain mengirim umpan terobosan.

Sesaat sesudah itu, kekhawatiran menggelayut di kubu Wolverhampton karena kiper mereka Patricio terkapar sendirian di hadapan gawangnya setelah berbenturan dengan kapten timnya Conor Coady.

Baca Juga :  Live Streaming Persija Jakarta vs PSM Makassar

Kendati Wolves sudah menggunakan tiga slot pergantian pemain, mereka diberi satu slot pergantian pemain khusus sesuai protokol regulasi penanganan gejala gegar kepala. Setelah lebih dari 10 menit mendapat perawatan dari tim medis, Patricio ditandu keluar lapangan menggunakan alat bantu pernafasan digantikan John Ruddy pada menit ke-100.

Ini menjadi kali kedua Wolves mendapati salah satu pemainnya mengalami cedera akibat benturan kepala setelah Raul Jimenez yang harus menjalani operasi tengkorak karena cedera serupa pada akhir November tahun lalu.

Saat pertandingan berlanjut, Salah pada menit ke-104 mempunyai peluang bagus untuk mengunci kemenangan Liverpool lebih awal dalam situasi serangan balik, tetapi tembakan melengkungnya masih melayang di sisi luar gawang.

Sebaliknya, Fabio Silva mendapat durian runtuh saat berdiri cukup bebas di hadapan gawang Liverpool menyambut bola lambung tetapi ia gagal menyundul si kulit bundar yang mengenai pundaknya dan memantul ke dalam tangkapan Alisson.

Kedua tim akan menjalani libur panjang sebelum kembali bertanding di Liga Inggris, yang akan memasuki jeda internasional hingga awal April.

  • ANTARA