Pemkab Luwu dan Wajo Lakukan Pertemuan, Bahas Batas Wilayah

BERITA.NEWS, Luwu – Setelah membahas batas wilayah dengan Kota Palopo, Pemkab Luwu melakukan pertemuan dengan Pemkab Wajo, juga membahas batas wilayah, Senin (25/1/2021).

Dalam pertemuan ini, kedua pihak sepakat merapikan batas wilayah masing-masing di perbatasan Luwu dan Wajo.

Kedua daerah ini sepakat dan akan kembali menggelar pertemuan lanjutan guna finalisasi batas wilayah.

Kabag Pemerintahan Kabupaten Luwu, Enrika Nurthalib, menjelaskan, dalam pertemuan ini terungkap ada sekira 74 hektar kedua wilayah yang saling klaim.

“Ada sekira 74 hektar lahan di dua wilayah, Luwu dan Wajo yang intersecht atau saling klaim. Daerah Wajo yang diklaim sebagai wilayah Luwu yakni ada di Desa Buriko Kecamatan Pitumpanua,” ujarnya, kepada BERITA.NEWS, Senin (25/01/2021).

Baca Juga :  PSC 119 Luwu Gelar Baksos Pemeriksaan Kesehatan dan Sunatan Gratis

Dirinya menjelaskan, ada pula wilayah Luwu yang diklaim Wajo yakni di Desa Gandang Batu Kecamatan Larompong Selatan.

“Dalam rapat tadi semua terungkap, ada daerah yang tumpang tindih dan Insyaallah kita akan selesaikan secepatnya,” tambahnya.

Enrika menjelaskan, kedua tim dari Luwu dan Wajo sudah menyepakati permintaan tim dari Luwu, bahwa penyelesaian batas wilayah sesuai dengan Peraturan Daerah Kabupaten Luwu No 6 Tahum 2011 tentang RTRW.

“Jadi tadi itu kita minta mereka untuk kembali dan melaporkan ke atasannya walaupun pada prinsipnya kita sepakat. Begitupun dengan pemanfaatan pola ruang dan struktur ruang, karena tahapan RTRW Wajo sudah lebih duluan sementara Luwu persiapan revisi RTRW,” lanjutnya.

Baca Juga :  Mulai Besok, Vaksinasi Covid-19 Tahap Kedua Sasar Pelayan Publik di Luwu

Untuk diketahui, Pemkab Luwu beberapa hari terakhir aktif melakukan pertemuan dengan daerah tetangga membahas tapal batas wilayah.

Informasi yang dihimpun bukan hanya Palopo dan Wajo, Pemkab Luwu juga telah melakukan pembahasan tapal batas dengan Toraja Utara.

  • MUH. ASRI