Piala Italia: Spezia Singkirkan Roma Lewat Perpanjangan Waktu

Para pemain Spezia merayakan gol yang dicetak gol Andrej Galabinov ke gawang AS Roma pada pertandingan 16 besar Piala Italia yang dimainkan di Stadion Olimpico, Roma,Selasa (19/1/2021). (ANTARA/IPA/Sipa USA via Reuters)

BERITA.NEWS, Jakarta – Spezia menyingkirkan AS Roma dari 16 besar Piala Italia dengan kemenangan 4-2 yang didapat lewat perpanjangan waktu, pada pertandingan yang dimainkan di Stadion Olimpico, Roma, Selasa setempat atau Rabu WIB (20/1/2021).

Berkat kemenangan itu, Spezia akan bertemu Napoli pada pertandingan perempat final yang rencananya dimainkan pada 27 Januari, demikian catatan laman resmi FIGC.

Spezia membuka keunggulan berkat penalti Andrey Galabinov pada menit keenam, sebelum Riccardo Saponara menggandakan keunggulan mereka pada menit ke-15.

Roma kemudian mampu memperkecil ketertinggalan berkat penalti Lorenzo Pellegrini pada menit ke-43, dan menyamakan kedudukan menjadi 2-2 berkat gol Henrikh Mkhitaryan pada menit ke-73.

Pada perpanjangan waktu, Roma harus kehilangan Gianluca Mancini yang mendapat kartu merah, sebelum kemudian kiper Pau Lopez juga diusir keluar lapangan.

Situasi itu dimaksimalkan oleh Spezia untuk merestorasi keunggulan melalui gol Daniele Verde pada menit ke-107, dan Saponara mengukir gol keduanya pada menit ke-119 untuk memuluskan langkah Spezia.

Pelanggaran yang dilakukan Bryan Cristante terhadap Giulio Maggiore di kotak terlarang membuat wasit menunjuk titik putih. Eksekusi penalti diambil dengan sempurna oleh Galabinov, yang melakukan penampilan perdananya sebagai pemain inti sejak cedera pada 4 Oktober silam.

Baca Juga :  Pemain Persjia Jakarta Yakin Juara Piala Menpora 2021

Saponara yang melakukan penampilan perdana sebagai pemain inti Spezia menandainya dengan gol untuk menggandakan keunggulan timnya. Marash Kumbulla terlalu mudah kehilangan bola di tepi kotak penaltinya sendiri, dan Saponara melepaskan sepakan melengkung tertuju ke sudut atas gawang tuan rumah.

Sebelum turun minum Roma memperkecil ketertinggalan mereka setelah pelanggaran Ardian Ismajli terhadap Pellegrini membuat tim tamu diganjar penalti. Pellegrini sendiri yang menjadi algojo, dan ia sukses menjalankan tugasnya.

Setelah menyia-nyiakan beberapa peluang pada awal babak kedua, Roma akhirnya berhasil menyamakan kedudukan. Mkhitaryan merangsek ke kotak penalti setelah memainkan operan satu-dua dengan Borja Mayoral, dan mencungkil bola melewati kiper Titas Krapikas.

Setelah pertandingan pada waktu normal tidak menghasilkan pemenang, laga pun diteruskan ke perpanjangan waktu. Namun pada menit ke-91, Roma harus bermain dengan sepuluh pemain akibat Mancini menerima kartu kuning kedua,

Hanya 30 detik setelah Mancini meninggalkan lapangan, kiper Pau Lopez keluar dari sarangnya, dan melakukan pelanggaran terhadap Roberto Piccoli yang membuatnya harus menerima kartu merah. Kiper Antonio Mirante sedang cedera, sehingga Daniel Fuzato masuk untuk mengisi posisi di bawah mistar gawang.

Spezia kemudian merestorasi keunggulan saat umpan silang Cristian Dell’Orco diteruskan mantan pemain junior Roma untuk masuk ke sudut atas gawang Fuzato. Saponara kemudian menutup kemenangan Spezia dengan sepakan lob dari luar kotak penalti pada menit terakhir pertandingan.

Baca Juga :  Miswar Balik Persebaya, Rivky Gabung PSM Makassar?

Terdapat satu catatan penting lain dalam pertandingan ini. Roma diketahui melakukan enam pergantian pemain, yang tidak diizinkan pada perpanjangan waktu. Dengan demikian, mereka berisiko dianggap kalah 0-3.

Susunan pemain:

AS Roma (3-4-2-1): Pau Lopez, Gianluca Mancini, Bryan Cristante (Daniel Fuzato95′), Marash Kumbulla, Gonzalo Villar (Jordan Veretout 69′), Bruno Peres, Lorenzo Pellegrini, Leonardo Spinazzola (Rick Karsdorp 69′), Henrikh Mkhitaryan (Carles Perez 85′), Pedro Rodriguez (Roger Ibanez 95′), Borja Mayoral (Edin Dzeko 91′)
Pelatih: Paulo Fonseca

Spezia (4-3-3): Titas Krapikas, Martin Erlic, Juan Manuel Ramos (Cristian Dell’Orco 68′), Ardian Ismajili, Luca Vignali, Alessandro Deiola (Gennaro Acampora 80′), Leo Sena (Matteo Ricci 68′), Giulio Maggiore, Andrey Galabinov (Roberto Piccoli 68′), Kevin Agudelo (Daniele Verde 59′), Riccardo Saponara
Pelatih: Vincenzo Italiano

  • ANTARA