IAPIM Luwu Raya Terbentuk, Muammar Khaddapi Ketua

BERITA.NEWS, Luwu – Pengurus Daerah Ikatan Alumni Pesantren IMMIM (PD IAPIM) Luwu Raya telah resmi terbentuk. Ini ditandai pelantikan oleh Pengurus Pusat (PP) IAPIM di Hotel Agro Wisata Palopo, pada Sabtu (24/10/2020). Pelantikan tetap menaati prosedur protokol kesehatan.

Sebelumnya, Ketua Umum PP IAPIM Mappinawang yang juga mantan Ketua KPU Sulsel dan Sekjen PP IAPIM Andi Arman memberi mandat lima orang formatur untuk memilih pengurus PD IAPIM Luwu Raya. Kelima formatur itu adalah Aksan Amir, Saefuddin, Saiful Abdul Latif, H Arkam Kasim, dan Muammar Khaddapi.

Tim formatur ini kemudian bersepakat dan mengusulkan Muammar Khaddapi (Dosen UM Palopo) sebagai Ketua Umum dan Hj. Andi Sukmawati (Dosen IAIN Palopo) sebagai Sekretaris Umum serta H. Arkam Kasim (Pengusaha BBM) sebagai Bendahara Umum IAPIM PD Luwu Raya untuk periode tahun 2020 – 2022.

Selain ketiga orang tersebut, IAPIM PD Luwu Raya mengakomodir para anggotanya baik domisili di Luwu Raya maupun di tanah rantau sebagai pembina, penasehat dan wakil ketua, sekretaris, bendahara serta departemen-departemen.

Baca Juga :  Cegah Kebakaran, Damkar Luwu Inspeksi Proteksi Gedung dan Lingkungan

Lebih kurang 350 orang alumni yang berada Luwu Raya mulai dari angkatan pertama tahun 1981 sampai 2020 yang sudah terdata, dan semua terakomodir dalam struktur pengurus. Banyaknya alumni di wilayah Luwu Raya itulah menjadi alasan membentuk PD seperti halnya dengan PD lain yang sudah terbentuk yaitu PD Jabodetabek, PD Malang Raya, PD Jogya, PD Palu, PD Bone, PD Selayar, PD Makassar, dan PD Polman.

Ada tiga orientasi IAPIM yaitu; Pertama, Kembali ke Pondok yang diartikan sebagai sebuah tanggung jawab alumni untuk kemajuan pondok/almamater.

Kedua, Persaudaraan Alumni, bahwa harapan dengan banyaknya alumni sejak tahun 1981 yang sudah ada sepuluh ribuan orang, diharapkan terjalin dan menjadi sebuah sinergitas saling mengayomi, saling membantu dengan pemberdayaan atau kerjasama.

Baca Juga :  Bupati Luwu Ajak Masyarakat Dukung Program Pemerintah Daerah

Dan ketiga, Keummatan, di mana IAPIM dengan latar belakang pendidikan keagamaan yang modernis harus terus dikembangkan mengikuti kemajuan zaman dan ditingkatkan baik secara kelembagaan maupun individu.

Agar tidak terjadi kerumuman saat pelaksanaan pelantikan PD IAPIM Luwu Raya, maka sengaja membatasi peserta hanya 40 orang, masing-masing ada perwakilan daerah Lutim, Lutra, Luwu, dan palopo. Dari pihak DPP hadir lima orang. Hal ini dimaksudkan agar tetap patuh melaksanakan protokol Covid-19.

Setelah pelantikan pengurus, dalam waktu dekat PD IAPIM Luwu Raya akan melaksanakan rapat yang waktu dan tempat sementara dikonsolidasikan secara internal.

. MUH ASRI