Tomy Satria Dinilai Terbukti Pro Program Kesetaraan Disabilitas

BERITA.NEWS Bulukumba – Tak ada kata lelah jika terkait kesejahteraan dan keadilan untuk warga. Begitulah program yang dijalankan pasangan Tomy Satria Yulianto – Andi Makkasau pada Pilkada Bulukumba 9 Desember 2020 mendatang.

Salah satunya adalah keberhasilan program pemberdayaan penyandang disabilitas akan terus dilanjutkan. Diketahui, di masa kepemimpinan Tomy Satria mendapingi Bupati AM Sukri A Sappewali sejumlah program kesetaraan penyandang disabilitas telah dilakukan.

Pada tahun 2018 lalu, ditetapkan Perda Nomor 2 tahun 2018 Tentang perlindungan dan pelayanan penyandang disabilitas yang mana didalamnya itu telah mewajibkan pemerintah hadir dalam menjamin kesetaraan dan kesamaan penyandang disabilitas.

“Ini adalah bukti bahwa program itu telah dilakukan oleh pak Tomy Satria saat menjabat sebagai wakil bupati mendampingi pak Andi Sukri. Setidaknya ada 13 poin yang telah tertera di dalam Perda Perlindungan dan Pelayanan Penyandang Disabilitas,” kata juru bicara TSY-AM, Siti Khadijah Budiawan, Jumat (2/9/2020).

Dija sapaan akrabnya menjelaskan, dalam visi dan misi pasangan yang menggunakan tagline “Terus Mengabdi” itu, telah memasukan program kesetaraan penyandang disabilitas sebagai salah satu prioritas.

“Saat ini sudah ada 14 desa yang telah mengembangkan konsep desa inklusi. Dalam visi misi pasangan Kacamatayya berencana menjadikan Bulukumba sebagai kabupaten inklusi di masa-masa mendatang,” jelasnya.

Dia menuturkan, semua program yang ditawarkan oleh pasangan TSY-AM selalu saja memberikan porsi tersendiri untuk penyandang disabilitas, seperti halnya dalam menyonsong kemandirian UMKM.

“Salah satunya adalah pemberdayaan penyandang disabilitas berbasis UMKM. Di program ini memberikan kesempatan kepada penyandang disabilitas untuk mengembangkan apa saja usaha yang dimiliki, dan hal ini juga telah dibarengi dengan pelatihan khusus kepada penyandang disabilitas. Begitu pula dengan program-program yang lainnya, penyandang disabilitas selalu disediakan porsi tersendiri,” jelas Dija. (*)

loading...