Di Sidang Umum PBB, Jokowi Dukung Kemerdekaan Palestina

Presiden Jokowi saat berpidato di Sidang Umum PBB (Foto: Biro Pers Setpres)

BERITA.NEWS, Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan dukungan Indonesia terhadap kemerdekaan Palestina. Jokowi menyampaikannya saat berpidato untuk pertama kalinya di Sidang Majelis Umum (SMU) ke-75 Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

“Palestina adalah satu-satunya negara yang hadir di Konferensi Bandung (Konferensi Asia Afrika), yang sampai sekarang belum menikmati kemerdekaannya. Indonesia terus konsisten memberikan dukungan bagi Palestina untuk mendapatkan hak-haknya,” kata Jokowi saat berpidato di Sidang Umum PBB yang juga disiarkan langsung YouTube Sekretariat Presiden, Rabu (23/9/2020).

Jokowi berpidato dalam Bahasa Indonesia. Namun, Jokowi beberapa kali menggunakan bahasa Inggris di sela-sela pidatonya.

Baca Juga :  Najib Razak Dukung Pencalonan Anwar Ibrahim Jadi PM Malaysia

Jokowi juga menyinggung soal komitmen negara-negara ASEAN dalam menjaga perdamaian. Jokowi menyebut kawasan Asia Tenggara sebagai kawasan yang damai dan sejahtera.

“Di kawasan kami sendiri, bersama negara-negara ASEAN lainnya, Indonesia terus menjaga Asia Tenggara sebagai kawasan yang damai, stabil, dan sejahtera. Pada hari jadinya yang ke-53, 8 Agustus 2020 yang lalu, ASEAN kembali menegaskan komitmennya untuk terus menjaga perdamaian dan stabilitas kawasan,” ujarnya.

Baca Juga :  PM Bulgaria Boyko Borissov Terinfeksi COVID-19

Jokowi menegaskan pentingnya kerja sama antarnegara. Semangat kerja sama itu juga dibawa Indonesia ke kawasan Asia-Pasifik.

“Spirit kerja sama dan perdamaian inilah yang kemudian didorong Indonesia ke kawasan yang lebih luas, kawasan Indo-Pasifik melalui ASEAN Outlook on The Indo-Pasific,” ungkap Jokowi.

. Detikcom

loading...