Merasa Di-PHK Sepihak, Karyawan Columbus Bulukumba Mengadu ke Disnaker, Ini Hasilnya

Suasana Pertemu di ruangan kadis Ketenagaa kerjaan

BERITA.NEWS, Bulukumba – Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Kabupaten Bulukumba menerima pengaduan salah seorang karyawan Columbus yang merasa dirinya di-PHK secara sepihak pada Senin, 3 Agustus 2020 lalu.

Layanan pengaduan karyawan tersebut ditindaklanjuti Disnaker Bulukumba pada Jumat (7/8/2020). Dengan mempertemukan kedua belah pihak yakni karyawan dan pihak perusahaan Columbus Cabang Bulukumba yang berlangsung di ruangan Kadis Ketenagakerjaan Bulukumba, Jl Lanto Dg Pasewang No. 15 Bulukumba.

Kadis Ketenagakerjaan Bulukumba diwakili oleh Rosmala sebagai Kabid Perindustrian saat melakukan mediasi dan pertemuan kedua bela pihak, mengatakan bahwa semenjak memasuki masa pandemi covid-19 sudah ratusan karyawan perusahaan yang ada di Kabupaten Bulukumba sementara dirumahkan, bahkan ada yang di-PHK. Pihak pemerintah saat ini memahami kondisi perusahaan karena keadaan pandemi corona.

Baca Juga :  Ini Nomor Urut Peserta Pilkada Makassar

“Sampai hari ini, kita telah menerima ratusan tenaga kerja yang mengadu bahkan ada yang di-PHK termasuk karyawan PT Lonsum, serta perhotelan dan karyawan pembiayaan,” kata Rosmala.

“Kami berharap kepada pihak perusahaan yang ada di Bulukumba agar kiranya membayar gaji dan pesangon terhadap pekerja yang di-PHK maupun yang dirumahkan sesuai edaran Kementerian Tenaga Kerja Republik Indonesia,” harapnya.

Di tempat yang sama pihak PT Columbus Cabang Bulukumba juga menyampaikan bahwa terkait PHK salah satu karyawan Columbus pihaknya meluruskan bahwa hal tersebut bukan di-PHK, namun dirumahkan sementara karena kondisi perusahaan saat ini menurun. Pihak manejemen melakukan perumahahaan jangan sampai perusahaan tutup.

Baca Juga :  Kembali Hadiri Pertemuan Pokja KB, Bupati Tegaskan Masyarakat Terapkan Prokes

“Saya sebagai penanggung jawab Columbus Bulukumba tidak pernah melakukan PHK namun pihak manajemen melakukan perumahan karena kodisi saat ini pendapatan perusahaan menurun akibat dampak Covid-19,” jelas pihak Columbus Bulukumba.

Pihak Dinas Ketenagakerjaan juga menyampaikan keterbatasaan melakukan pengawasan setiap industri yang ada di Kabupaten Bulukumba bahkan keterbatasan oprasional para staff.

. IL

loading...