Gubernur Sulsel Imbau Shalat Idul Fitri di Rumah Masing-masing

Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah

BERITA.NEWS, Makassar – Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah (NA) mengeluarkan imbauan kepada masyarakat agar Shalat Idul Fitri dilaksanakan di rumah. Hal ini utuk menghindari penyebaran Covid-19 atau Corona Virus.

Putusan tersebut merupakan hasil rapat bersama dengan forum koordinasi pimpinan daerah (forkopimda), Bupati dan Walikota se-Sulsel, Selasa (19/2020). Gubernur mengimbau supaya tetap di rumah saat puncak perayaan hari raya Idul Fitri.

Menurutnya, mencermati perkembangan pandemi Covid-19 yang terus meningkat, bahkan sudah mencapai ribuan per hari ini di Sulsel. Hasil kajian BIN kemungkinan berada di angka 1.400 yang terkonfirmasi positif.

Baca Juga :  Dalam 24 Jam, Brazil Laporkan 42.619 Kasus Baru Corona

“Guna mencegah meluasnya Covid-19, maka dalam rakor kemarin disimpulkan, pertama adalah diimbau kepada seluruh masyarakat mendukung pemutusan rantai penularan Covid-19. Tahun ini kita diimbau untuk tetap merayakan Idul Fitri di rumah masing-masing bersama keluarga. Ini tidak dilarang, tapi diimbau,” ucapnya.

NA mengatakan pemerintah pusat sudah menegaskan agar disampaikan kepada masyarakat, ormas, dan tokoh agama mensosialisasikan untuk shalat Idul Fitri tetap dilaksanakan di rumah masing-masing.

“Sekiranya ada masyarakat tetap melaksanakan Salat Ied, baik itu di lapangan atau di masjid, terutama daerah yang masih zona hijau atau terjadi perlambatan peningkatan, dimohon Forkopimda dan Satpol PP untuk melakukan pengamanan dengan protokol kesehatan secara ketat,” ucapnya.

Baca Juga :  Masuk Makassar Wajib Tunjukkan Surat Bebas Covid-19, Kecuali Kelompok Ini

Meski begitu, ia mengaku sangat paham momentum hari raya Idul Fitri merupakan waktu untuk bersilaturahmi bersama keluarga. “Tetapi juga kita bisa menahan diri agar penyebaran Covid-19 ini bisa dikendalikan,” pungkasnya.

. Andi Khaerul

loading...