Gubernur Sulsel: September, Tol Layang AP Pettarani Makassar Siap Beroperasi

Tol Layang AP Pettarani Makassar.

BERITA.NEWS, Makassar – Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah (NA) memastikan pengerjaan proyek Jalan Tol Layang AP Pettarani Makassar bisa selesai tahun ini dan dijadwalkan siap untuk dioperasikan.

Hal itu dipastikan NA saat menghadiri sesi pertemuan secara virtual bersama Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Kapolda Sulsel Irjen Pol Mas Guntur Laupe, Kepala Dinas PU dan Tata Ruang, Rudy Djamaluddin, Pj Walikota Makassar Yusran Yusuf, dan Wali Kota Makassar 2014-2019 Danny Pomanto.

“Bulan September 2020 kita sudah bisa nikmati Jalan Tol Layang Pettarani ini, mudah-mudahan seksi selanjutnya bisa kita lanjutkan,” ungkap mantan Bupati Bantaeng dua periode itu, Senin (18/5/2020).

Diketahui, Tol Layang sepanjang 4,3 Kilometer (Km) tersebut dikerjakan PT Bosowa Marga Nusantara (BMN) bersama dengan PT Wijaya Karya Beton Tbk (WIKA Beton) selaku kontraktor utama. Nantinya akan diproyeksikan untuk mendukung kawasan industri.

“Jalan tol ini merupakan kebutuhan yang mendesak dan tidak dapat ditunda lagi. Jika kita ingin menang dalam kompetisi, menang dalam persaingan dengan kota-kota lain bahkan dengan negara lain,” ujarnya.

Sementara itu, Menteri Basuki Hadimuljono, mengatakan, Tol Layang Pettarani ini akan menghubungkan Newport, Pelabuhan Soekarno Hatta dan Bandara Sultan Hasanuddin. Ia mengaku juga telah membaca usulan hadirnya jalan tol pesisir selatan Sulsel.

“Seperti usulan (jalan tol) ke pesisir selatan Sulsel, saya sudah membaca usulan dari Bapak Gubernur dan saya diskusikan dengan beliau-beliau untuk didukung program Pak Gubernur ini. Jadi ini memang jalur logistik yang kita support penuh dalam pelaksanaan pembangunannya,” paparnya.

. Andi Khaerul

Comment